Logo BeritaSatu

Program Magang MBKM Lahirkan Calon Pemimpin Profesional

Sabtu, 27 November 2021 | 08:54 WIB
Oleh : JNS

Bogor, Beritasatu.com – Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) inisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi berakhir.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebagai salah satu instansi pemerintah yang turut serta dalam pelaksanaan MBKM, menggelar Penutupan Kegiatan Magang Program MBKM di lingkungan Kementerian ATR/BPN secara daring dan luring, bertempat di Gedung PPSDM, Kementerian ATR/BPN pada Kamis (25/11/2021).

Sekretaris Jenderal Himawan Arief Sugoto dalam sambutannya secara daring berkata bahwa program magang MBKM ialah suatu hal yang baru pertama diadakan pada 2021 dan mendapat antusiasme serta respon yang cukup positif.

“Melalui program magang MBKM, adik-adik semua sudah mengenal lingkungan kerja, kesibukan serta dinamika bekerja, dan tentunya melihat apa yang nantinya menjadi bagian dari profesi,” terang Sekjen.

Himawan Arief Sugoto juga memberikan pesan kepada mahasiswa alumni program magang MBKM bahwa kegiatan pascakuliah kelak, justru menjadi sebuah arena pembelajaran.

The second university is your office. Bagaimana Anda mengembangkan diri Anda sendiri dan belajar kembali, belajar membangun kompetensi Anda sendiri,” imbaunya.

Himawan Arief Sugoto juga berharap bahwa ke depannya, para mahasiswa alumni program magang MBKM sebagai tunas bangsa yang bisa menjadi pimpinan dan bersikap secara profesional.

“Bangunlah sikap profesionalisme dengan baik, belajar dengan baik, membangun suatu komunikasi dengan baik. Jagalah kredibilitas sehingga dapat membangun karier Anda ketika bekerja maupun di dunia usaha,” tutur Sekjen.

Kepala PPSDM, Agustyarsyah, melaporkan bahwa saat ini jumlah peserta magang MBKM di Kementerian ATR/BPN sejumlah 1.190 mahasiswa dengan variasi durasi magang mulai dari 3 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Kegiatan magang resmi dimulai pada 26 Juli 2021 dan berakhir pada 31 Oktober 2021. Mahasiswa magang MBKM yang terdaftar di unit kerja Direktorat Jenderal (Ditjen) Tata Ruang, mendapat pembekalan awal berupa Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dasar.

Sedangkan bagi mahasiswa yang terdaftar di unit kerja Kementerian ATR/BPN lainnya, mendapat pembekalan awal berupa pelatihan dasar agraria dan tata ruang pertanahan.

Agustyarsyah juga berkata bahwa kegiatan program magang MBKM ini melibatkan berbagai pihak, mulai dari dosen pembimbing yang ditunjuk hingga mentor di unit satuan kerja Kementerian ATR/BPN yang diberi mandat.

“Program magang MBKM diharapkan memberi pengalaman kontekstual untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa secara utuh dan siap kerja atau bahkan menciptakan lapangan kerja baru,” jelasnya.

Salah satu peserta magang MBKM, Aditya (21) asal Universitas Singaperbangsa Karawang, menceritakan pengalamannya selama menempuh magang di unit kerja PPSDM, Kementerian ATR/BPN. Mahasiswa Ilmu Pemerintahan ini menempuh magang selama 3 bulan, sejak Agustus 2021 s.d. Oktober 2021 di bagian Pelatihan Kompetensi PPSDM.

Selama magang, ia bertanggung jawab dalam membantu penyusunan laporan dan pengurusan pelatihan, serta pembelajaran para CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil).

“Sejak magang, saya jadi mengerti bagaimana bekerja di pemerintahan, terutama jadi tahu tentang pelatihan teman-teman CPNS. Setelah ini, rencananya saya ingin menyelesaikan tugas akhir dan berharap dapat kerja di sini,” tutupnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

BOLA | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings