Logo BeritaSatu

Melalui Reforma Agraria, Bersama Hidupkan Perekonomian Bali

Minggu, 28 November 2021 | 13:13 WIB
Oleh : JNS

Bali, Beritasatu.com - Pandemi Covid-19 membuat kondisi perekonomian di Bali menurun karena sektor pariwisata yang begitu terdampak. Maka dari itu, diperlukan solusi untuk terus menghidupkan perekonomian di Bali, salah satunya dengan program Reforma Agraria melalui penataan akses.

Beberapa solusi terus digali dalam Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA), guna mendapatkan hasil yang optimal dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

"Kita atasi bersama sampai ekonomi pariwisata normal kembali dan pandemi berakhir. Kita mendampingi masyarakat untuk menyiapkan diri dan situasinya, tapi ini bukan sebagai peralihan semata. Hanya saja diharapkan dapat menjadi potensi ke depan," ujar Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Surya Tjandra dalam Rakor GTRA Provinsi Bali dengan tema "Reforma Agraria sebagai Implementasi Jagad Kertih untuk Membangkitkan Perekonomian Bali" di Bali Dynasty Resort, Kamis (25/11/2021).

Lebih lanjut ia menyampaikan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bali dari 2019 s.d. 2021 turun Rp1,4 triliun, di mana kurang lebih 90% sumber PAD bergantung kepada sektor pariwisata. Maka dari itu, melalui GTRA dapat dikonsolidasikan untuk menggeliatkan sumber lainnya, seperti pertanian, perkebunan, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang didukung oleh pemerintah daerah.

Sebagai informasi, Bali akan menjadi tuan rumah di Konferensi Tingkat Tinggi G20 2022. Oleh karena itu, Bali perlu merepresentasikan Indonesia dalam mengakomodir kemudahan berinvestasi dan ekonomi lokal, serta diperlukan strategi keberlanjutan setelah dilaksanakan acara G20.

"Setelah G20 berakhir, kita akan menghadapi situasi yang mungkin sekarang sama seperti ini. Strategi jangka panjang dibutuhkan untuk menghadapi situasi seperti ini dan yang kita lakukan, hanya untuk menyiapkan fondasi ke depan," kata Surya Tjandra.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali, Dewa Made Indra, yang mewakili Gubernur Provinsi Bali menuturkan, melalui GTRA diharapkan dapat bekerja sama untuk melakukan identifikasi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA). Dalam pelaksanaannya, Dewa Made Indra mengatakan bahwa sudah terdapat cerita sukses, salah satunya di Kabupaten Buleleng yang masyarakatnya sudah menerima sertifikat.

"Ini bentuk kerja pemerintah bersama. Masyarakat sangat kooperatif sehingga bisa kita selesaikan bersama. Kalau ini bisa diselesaikan dengan baik, potensi konflik pertanahan di Bali bisa diminimalisir sehingga kesejahteraan masyarakat dapat kita tingkatkan," tutur Sekda Provinsi Bali.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Bali, Ketut Mangku, dalam kesempatan ini mengatakan bahwa pelaksanaan Reforma Agraria dibutuhkan kerja sama antar Kementerian/Lembaga (K/L) maupun pemerintah daerah. Kerja sama dibutuhkan khususnya dalam hal penataan akses. "Dalam keadaan ekonomi masyarakat yang terpuruk karena pandemi, bagaimana kita bisa memanfaatkan potensi yang ada dan berjuang di tengah pariwisata yang terpuruk. Oleh karena itu, perlu dukungan dari K/L terkait," ungkapnya.

Rakor ini diikuti juga oleh Kepala Kantor Pertanahan di lingkungan Provinsi Bali dan perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Bali.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perang Ukraina, 4,4 Juta Warga Donbass Mengungsi ke Rusia

Lebih dari 4,4 juta pengungsi dari Donbass, Ukraina tiba di Rusia sejak Februari akibat perang Ukraina. s

NEWS | 28 September 2022

Mendes: SDGs Desa Ke-18 Terinspirasi dari Para Ulama NU

Mendes PDTT mengatakan perumusan SDGs Desa ke-18 yaitu Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif terinspirasi dari jejak dakwah para ulama NU.

NEWS | 28 September 2022

Usman Hamid Desak Polri Usut Peretasan Redaksi Narasi TV

Direktur Amnesty International Indonesia, Usman Hamid mendesak Polri mengusut tuntas peretasan terhadap belasan awak redaksi Narasi TV

NEWS | 28 September 2022

LSM HAM Sebut 76 Orang Tewas dalam Aksi Protes Rezim Iran

LSM HAM Iran menyebut aksi protes atas kematian Mahsa Amini telah menewaskan sedikitnya 76 orang.

NEWS | 28 September 2022

Kasus Brigadir J, Kombes Budi Pitono Jalani Sidang Etik

Mantan Kabag Renmin Divpropam Polri Kombes Murbani Budi Pitono tengah menjalani sidang etik pada hari ini, Rabu (28/9/2022), terkait kasu Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Disanksi Demosi 4 Tahun, AKBP Raindra Tak Ajukan Banding

 AKBP Raindra Ramadhan Syah tidak mengajukan banding saat putusan sanksi demosi empat tahun imbas dari kasus tewasnya Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Kasus Brigadir J, AKBP Raindra Disanksi Demosi 4 Tahun

Mantan Kasubdit 1 Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Raindra Ramadhan Syah disanksi demosi 4 tahun terkait kasus tewasnya Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Diberi Gelar Dada Ma Dopo Malomo oleh Sultan Ternate

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate, yaitu Dada Ma Dopo Malomo

NEWS | 28 September 2022

Gobel: Mendikbudristek Tak Paham Kebutuhan Indonesia

Wakil Ketua DPR Bidang Korinbang, Rachmat Gobel mengkritik pernyataan Mendikbudristek Nadiem Makarim tentang keberadaan tim bayangan

NEWS | 28 September 2022

Komisi III Gelar Fit and Proper Test 2 Calon Pimpinan KPK

Komisi III DPR akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan dua calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Perang Ukraina, 4,4 Juta Warga Donbass Mengungsi ke Rusia

Perang Ukraina, 4,4 Juta Warga Donbass Mengungsi ke Rusia

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings