Logo BeritaSatu

Hasto: Sekolah Partai Bagian dari Sistem Kaderisasi

Minggu, 28 November 2021 | 18:33 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Sekretaris Jenderal (sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya terus melakukan konsolidasi dan pematangan kader seluruh Indonesia melalui pendidikan sekolah partai. Kali ini, pendidikan kader pratama dilakukan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

“Sekolah partai merupakan bagian dari sistem kaderisasi yang dibangun PDI Perjuangan untuk menempa para kadernya agar menjadi calon pemimpin terbaik bagi masyarakat. Sekolah partai melibatkan tiga pilar partai yakni kader di struktural, legislatif, serta eksekutif,” kata Hasto, Minggu (28/11/2021).

Hasto menyatakan sekolah partai juga merupakan bentuk tanggung jawab PDIP untuk melakukan kaderisasi dan menyiapkan calon pemimpin yang merakyat. Selain itu juga memiliki spirit pengabdian pada rakyat, bangsa, dan negara tanpa menghitung untung rugi.

Sekolah partai mulai dilaksanakan PDIP sejak 2015 dan konsisten dilakukan hingga saat ini. Terdapat beberapa pendidikan, yakni sekolah partai untuk calon kepala daerah, calon anggota legislatif, calon pemimpin partai, sekretaris partai, dan bendahara partai.

Sekolah partai juga menjadi bukti akan komitmen PDIP yang menempatkan kaderisasi kepemimpinan sebagai proses yang sistematis agar seluruh kader memahami aspek kepemimpinan mumpuni.

“Ibu Megawati Soekarnoputri sering berpesan bahwa sekolah partai harus jadi bagian dari sistem kaderisasi yang dibangun demi menghasilkan calon pemimpin yang berproses dari bawah, untuk mengabdi pada bangsa dan negara Indonesia,” ucap Hasto.

Salah satu pemateri dalam pendidikan kader pratama DPC PDIP Kabupaten Asahan, yaitu Bane Raja Manalu. Berbagai materi yang disampaikan dalam pendidikan itu di antaranya mengenai ideologi Pancasila, Trisakti dan Nawa Cita, tata kelola organisasi, analisis sosial dan perencanaan pembangunan desa, komunikasi politik, serta strategi pemenangan pemilu.

Pemateri lain, di antaranya Ketua DPD PDIP Sumatera Utara Rapidin Simbolon, Ketua DPC PDIP Kabupaten Asahan Rosmansyah, Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumatera Utara Mangapul Purba.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Kumulatif dan Suspek Covid-19 sampai 3 Juli 2022

Kasus Kumulatif dan Suspek Covid-19 sampai 3 Juli 2022

NEWS | 18 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings