Logo BeritaSatu

Revisi UU PPP dan Ciptaker Akan Masuk Prolegnas Prioritas

Senin, 29 November 2021 | 18:26 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR Firman Soebagyo mengatakan pihaknya berencana melakukan revisi atas UU nomor 12/2011 yang telah diubah dengan UU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (UU PPP). Revisi ini dilakukan demi memasukkan norma omnibus law yang dipermasalahkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) dalam putusannya soal UU Cipta Kerja (Ciptaker).

Firman mengatakan sebenarnya, ketika pemerintah dan DPR membuat UU Ciptaker, sama sekali tak ada frasa omnibus law. Sementara bagi MK, UU Ciptaker adalah omnibus law. Padahal, menurut Firman, omnibus law biasanya digunakan oleh negara dengan sistem common law. Sementara Indonesia mirip dengan Belanda yang menggunakan sistem civil law. Di Belanda sendiri, UU yang mirip seperti UU Ciptaker, juga berlaku dan tak dipermasalahkan.

Meski demikian, Baleg menghormati putusan MK dan berniat menindaklanjutinya dengan perubahan UU PPP.

"Kita akan merevisi Undang-undang 12/2011. Di Undang-undang 12/2011 tentang tata cara penyusunan undang-undang, pembentukan dan penyusunan undang-undang itu nanti kita akan normakan frasa omnibus law. Artinya kalau sudah dimasukkan, maka ini menjadi konstitusional, persoalannya sudah selesai,' ujar Firman.

Hal itu disampaikan Firman dalam diskusi "Menakar Inkonstitusionalitas UU Cipta Kerja Pasca Putusan MK", Senin (29/11/2021).

Dalam kesempatan ini, Firman mengatakan MK tidak membatalkan pasal per pasal dalam UU Ciptaker. Namun disebut hanya perlu penyempurnaan. Hal ini, katanya menjadi tugas pemerintah dan sedang menyusunnya.

Firman menduga, kerja menindaklanjuti putusan MK itu akan dilakukan pada Desember tahun ini. Dimulai dengan menyusun ulang Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas untuk 2022. Disitu, revisi UU Ciptaker dan UU PPP akan dimasukkan.

Lebih jauh, Baleg berharap para pengusaha dan aktivis untuk tidak membuat tafsir-tafsir di luar keputusan MK. Baleg akan bekerja keras menyelesaikan masalah ini sesuai mekanisme yang berlaku.

"Baleg nanti kita akan usulkan dalam mekanisme masuk dalam Program Legislasi Nasional, kita akan menyempurnakan 12/2011, sehingga nanti setelah frasa omnibus law dimasukkan atau dinormakan itu akan menjadi konstitusional," tegas politikus Golkar itu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gobel: Mendikbudristek Tak Paham Kebutuhan Indonesia

Wakil Ketua DPR Bidang Korinbang, Rachmat Gobel mengkritik pernyataan Mendikbudristek Nadiem Makarim tentang keberadaan tim bayangan

NEWS | 28 September 2022

Komisi III Gelar Fit and Proper Test 2 Calon Pimpinan KPK

Komisi III DPR akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan dua calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar

NEWS | 28 September 2022

Sidang Putusan, KPK Yakin Eks Dirjen Kemendagri Dinyatakan Bersalah

Eks Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mochammad Ardian Noervianto bakal menghadapi sidang dengan agenda pembacaan putusan

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate

Jokowi dianugerahi gelar kehormatan adat Kesultanan Ternate pada acara yang diselenggarakan di Kedaton Sultan Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara

NEWS | 28 September 2022

Program Vaksinasi Covid-19 Diperluas untuk WNA

emerintah memperluas program vaksinasi Covid-19, yakni tidak hanya untuk masyarakat Indonesia, tetapi juga menyasar WNA.

NEWS | 28 September 2022

Dapat Kewarganegaraan Rusia, Edward Snowden Tak Ikut Perang Ukraina

Presiden Vladimir Putin telah memberikan kewarganegaraan Rusia kepada pelapor Badan Keamanan Nasional AS (NSA) Edward Snowden.

NEWS | 28 September 2022

Anggaran Pemilu 2024 KPU Kota Bogor Capai Rp 4,1 Miliar

Pemerintah mengucurkan anggaran Rp 4,1 miliar untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 kepada KPU Kota Bogor

NEWS | 28 September 2022

Ke Maluku Utara, Jokowi Dianugerahi Gelar Adat

Hari ini Jokowi mengunjungi Ternate, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, guna menerima anugerah gelar  adat

NEWS | 28 September 2022

Rabu Ini, Sebagian Jakarta Diguyur Hujan Mulai Siang Nanti

Menurut prakiraan cuaca BMKG, pada pagi hari semua wilayah DKI Jakarta bercuaca cerah berawan dan hujan baru akan mengguyur mulai siang hari.

NEWS | 28 September 2022

Taiwan Berharap Bisa Hadir pada Pertemuan Ke-41 ICAO

Taiwan berharap dapat hadir pada sidang tiga tahunan ke-41 Majelis ICAO pada 27 September hingga 7 Oktober 2022 di Montreal, Kanada.

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Awali Perdagangan, Rupiah Anjlok ke Rp 15.200 Per Dolar AS

Awali Perdagangan, Rupiah Anjlok ke Rp 15.200 Per Dolar AS

EKONOMI | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings