Logo BeritaSatu

Keributan Kopassus dan Brimob di Papua Sudah Selesai

Senin, 29 November 2021 | 18:31 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Keributan antara prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Nanggala dengan personel Brigade Mobil (Brimob) Polri yang tergabung dalam Satgas Amole, terjadi di Timika, Papua, Sabtu (27/11/2021).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono mengatakan, masalah keributan itu sudah selesai.

Advertisement

"Yang jelas pimpinan-pimpinan di sana sudah menyelesaikan itu semua. Masalah sudah selesai. Sekarang pelaksanaan tugas masing-masing kesatuan sudah berjalan dengan baik," ujar Rusdi, Senin (29/11/2021).

Dikatakan Rusdi, soliditas dan sinergisitas TNI-Polri merupakan suatu kekuatan yang strategis untuk bangsa ini. Hal itu menjadi kunci untuk menghadapi ancaman dan tantangan.

"Sehingga betul-betul soliditas dan sinergisitas TNI-Polri tidak boleh terganggu. Ini harus dipertahankan dan terus diperkuat. Kalau ada masalah harus diselesaikan dengan sebaik-baiknya dan secepat-cepatnya. Termasuk juga yang di Tembagapura. Itu hanya permasalahan kecil saja. Sekali lagi soliditas dan sinergisitas TNI-Polri itu harus dikuatkan karena menjadi kunci daripada menghadapi ancaman dan tantangan dari bangsa ini," ungkapnya.

Rusdi menyampaikan, keributan itu hanya masalah komunikasi saja. "Itu hanya masalah komunikasi saja, yaitu masalah kecil yang telah selesai," katanya.

Menyoal apa langkah yang dilakukan agar keributan seperti itu tidak kembali terjadi, Rusdi menuturkan, Panglima TNI dan Kapolri telah menjelaskan kepada jajarannya agar bagaimana terus menjaga soliditas dan sinergisitas.

"Bagaimana upayanya, banyak. Ini telah dilaksanakan di wilayah-wilayah bagaimana kebersamaan dengan cara komunikasi, dengan melakukan aktivitas-aktivitas secara bersama. Ini menjadi bagaimana menjaga dan meningkatkan soliditas dan sinergisitas TNI-Polri itu sendiiri. Ini sudah berjan baik," jelasnya.

Rusdi menuturkan, TNI-Polri akan terus menjaga soliditas dan sinergisitas dalam menjalankan tugas negara.

"Jadi kalau ada hal-hal yang terjadi di luar, tentunya ini tidak akan mengurangi daripada kesolidan dan kesinergian antara TNI dan Polri. Kita tetap menjaga itu. Karena sekali lagi soliditas dan sinergisitas TNI-Polri menjadi satu kekuatan strategis bangsa ini yang akan terus kita pertahanankan," tandasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, keributan itu bermula ketika personel Satgas Nanggala hendak membeli rokok yang dijual oleh personel Satgas Amole Kompi 3, di pos RCTU Ridge Camp Mile 72, Timika, Papua.

Sejurus kemudian, terjadi keributan karena diduga personel Satgas Nanggala tidak terima karena harga rokok kemahalan.

Akibat dari peristiwa itu, lima anggota Brimob mengalami luka-luka, yakni Bripka Risma, Bripka Ramazana, Briptu Edi, Bharaka Heru, Bharatu Munawir, dan Bharatu Julianda. Mereka kemudian menjalani perawatan medis.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
OCS PMI Sektor Domestik di Malaysia Terintegrasi pada 18 Agustus

OCS PMI Sektor Domestik di Malaysia Terintegrasi pada 18 Agustus

NEWS | 3 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings