Logo BeritaSatu

Banyak Bangun Bendungan, Jokowi: Kita Belum Impor Beras

Selasa, 30 November 2021 | 17:15 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAH

Jakarta, Beritasatu.com – Membangun banyak bendungan, menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat membantu peningkatan produktivitas beras secara nasional. Buktinya, hingga saat ini, Indonesia belum melakukan impor beras sama sekali.

“Kita tahu, bahwa tahun ini, tahun 2021, sampai hari ini, kita belum melakukan impor beras sama sekali. Kenyataannya, stok (beras) kita masih pada posisi yang sangat baik,” kata Jokowi seusai menanam padi bersama para petani di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (30/11/2021).

Jokowi mengungkapkan, tambahan produktivitas yang dihasilkan para petani sehingga mampu menjaga stok beras tetap aman, dikarenakan ada banyak bendungan-bendungan yang telah selesai dibangun pada tahun-tahun sebelumnya.

“Saya rasa ini adalah sebuah tambahan produktivitas dari petani yang dihasilkan karena memang banyak sekali bendungan-bendungan yang telah selesai dibangun pada tahun-tahun sebelumnya. Ini mulai kelihatan hasil dari produktivitas, kenaikan di petani sehingga memunculkan total produksi di tanah air ini menjadi merangkak” terang Jokowi.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi mengatakan tiga tahun ini, Indonesia sudah menghentikan impor beras. Presiden menegaskan beras petani akan diserap oleh Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) pada panen raya mendatang. Kepala Negara telah memerintahkan Menteri Keuangan untuk menyiapkan anggaran yang diperlukan untuk penyerapan beras dari petani lokal tersebut.

Presiden memahami ketika memasuki masa panen ini, harga beras di tingkat petani masih belum sesuai dengan yang diharapkan sehingga pemerintah akan berupaya untuk menyerap atau membeli langsung beras hasil panen dari para petani.

Untuk itu, dalam upaya meningkatkan produktivitas beras, Jokowi merencanakan banyak membangun bendungan untuk mengairi sawah-sawah petani. Mulai dari 2015 hingga 2020, pemerintah telah berhasil membangun 18 bendungan.

Di tahun ini, pemerintah sudah menyelesaikan dan meresmikan 11 bendungan dari total target pembangunan 17 bendungan. Sehingga masih ada 6 bendungan lagi yang pembangunannya akan rampung di akhir tahun 2021.

Sebelas Bendungan yang telah diresmikan adalah Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan dan Bendungan Napun Gete di Nusa Tenggara Timur (NTT). Ketiganya telah diresmikan pada Februari 2021 lalu.

Kemudian, Bendungan Sindang Heula di Provinsi Banteng telah diresmikan pada Maret 2021. Bendungan Kuningan di Jawa Barat yang baru saja diresmikannya di 31 Agustus 2021.

Selanjutnya, Bendungan Way Sekampung di Provinsi Lampung telah diresmikan pada 2 September 2021.

Lalu, Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur yang diresmikan pada 7 September 2021. Ada Bendungan Passeloreng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan telah diresmikan pada 9 September 2021.

Selanjutnya, Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), diresmikan pada 23 November 2021. Serta Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur diresmikan hari ini, 30 November 2021.

Artinya, dalam waktu satu bulan ini, masih ada 6 bendungan lagi yang akan diresmikan oleh Jokowi. Diantaranya, Bendungan Ladongi di Sulawesi Tengah; Bendungan Bintang Bano di Sumbawa Barat, NTB; Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di Bogor, Jawa Barat; Bendungan Pidekso di Jawa Tengah serta Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Lampung akan diresmikan pada Desember 2021.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Upaya Nippon Paint Dukung Literasi Seni Indonesia

Ini Upaya Nippon Paint Dukung Literasi Seni Indonesia

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings