Logo BeritaSatu

BPK, BAKN Bahas Hasil Pemeriksaan Tata Ruang dan Agraria

Selasa, 30 November 2021 | 17:33 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melakukan rapat konsultasi di Ruang Rapat BAKN, di Jakarta, pada Jumat (26/11/2021).

Rapat ini membahas mengenai pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK terkait tata ruang dan agraria/badan pertanahan. Rapat konsultasi tersebut dipimpin oleh Ketua BAKN DPR Wahyu Sanjaya dan Anggota III BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara III Achsanul Qosasi dengan didampingi oleh Auditor Utama Keuangan Negara (Tortama) III BPK Bambang Pamungkas.

"Yang ingin kami sampaikan adalah beberapa hal tentang pemeriksaan BPK yang kami sudah lakukan selama beberapa tahun terakhir (2017-2020)," ujar Anggota III BPK.

BPK telah melaksanakan pemeriksaan pada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), baik pemeriksaan atas Laporan Keuangan (LK) maupun Pemeriksaan Kinerja. Pemeriksaan ini, Anggota III melanjutkan, untuk menguji keberhasilan pelayanan publik khususnya dalam bidang kebijakan pemerintah dalam penetapan hak tanah kepada rakyatnya.

"Ini bagian dari penilaian rakyat kepada keberhasilan pemerintah," ungkap Anggota III BPK pada rapat yang diikuti oleh Anggota BAKN DPR serta pelaksana di lingkungan Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) III BPK, baik secara fisik maupun virtual.

Sementara itu, Ketua BAKN DPR mengatakan, bahwa BAKN DPR perlu meminta masukan dari BPK terkait dengan permasalahan Agraria dan Tata Ruang pada Kementerian ATR/BPN. Dengan masukan tersebut, BAKN DPR berharap mendapatkan informasi yang lengkap dan utuh dalam melakukan penelaahan pada Agraria dan Tata Ruang pada Kementerian ATR/BPN.

‚ÄčOpini Laporan Keuangan (LK) Kementerian ATR/BPN pada Tahun Anggaran 2017-2019 adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Walaupun Kementerian ATR/BPN telah memperoleh opini WTP, Ketua BAKN DPR menyebutkan, hasil pemeriksaan BPK masih menemukan sejumlah permasalahan.

Oleh karena itu, maksud dan tujuan Rapat Konsultasi ini adalah untuk mendapatkan masukan ataupun gambaran lebih detail mengenai pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK pada permasalahan terkait tata ruang dan agraria/badan pertanahan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Riza: Tawuran Bukan Prestasi tetapi Tindakan yang Merendahkan

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, tawuran bukanlah sebuah prestasi tetapi tindakan yang merendahkan diri sendiri dan orang lain

NEWS | 28 September 2022

Perang Ukraina, 4,4 Juta Warga Donbass Mengungsi ke Rusia

Lebih dari 4,4 juta pengungsi dari Donbass, Ukraina tiba di Rusia sejak Februari akibat perang Ukraina. s

NEWS | 28 September 2022

Mendes: SDGs Desa Ke-18 Terinspirasi dari Para Ulama NU

Mendes PDTT mengatakan perumusan SDGs Desa ke-18 yaitu Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif terinspirasi dari jejak dakwah para ulama NU.

NEWS | 28 September 2022

Usman Hamid Desak Polri Usut Peretasan Redaksi Narasi TV

Direktur Amnesty International Indonesia, Usman Hamid mendesak Polri mengusut tuntas peretasan terhadap belasan awak redaksi Narasi TV

NEWS | 28 September 2022

LSM HAM Sebut 76 Orang Tewas dalam Aksi Protes Rezim Iran

LSM HAM Iran menyebut aksi protes atas kematian Mahsa Amini telah menewaskan sedikitnya 76 orang.

NEWS | 28 September 2022

Kasus Brigadir J, Kombes Budi Pitono Jalani Sidang Etik

Mantan Kabag Renmin Divpropam Polri Kombes Murbani Budi Pitono tengah menjalani sidang etik pada hari ini, Rabu (28/9/2022), terkait kasu Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Disanksi Demosi 4 Tahun, AKBP Raindra Tak Ajukan Banding

 AKBP Raindra Ramadhan Syah tidak mengajukan banding saat putusan sanksi demosi empat tahun imbas dari kasus tewasnya Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Kasus Brigadir J, AKBP Raindra Disanksi Demosi 4 Tahun

Mantan Kasubdit 1 Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Raindra Ramadhan Syah disanksi demosi 4 tahun terkait kasus tewasnya Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Diberi Gelar Dada Ma Dopo Malomo oleh Sultan Ternate

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate, yaitu Dada Ma Dopo Malomo

NEWS | 28 September 2022

Gobel: Mendikbudristek Tak Paham Kebutuhan Indonesia

Wakil Ketua DPR Bidang Korinbang, Rachmat Gobel mengkritik pernyataan Mendikbudristek Nadiem Makarim tentang keberadaan tim bayangan

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Riza: Tawuran Bukan Prestasi tetapi Tindakan yang Merendahkan

Riza: Tawuran Bukan Prestasi tetapi Tindakan yang Merendahkan

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings