Logo BeritaSatu

Polisi Pastikan Kepemilikan Senpi Ipda OS Sesuai Aturan

Sabtu, 4 Desember 2021 | 00:17 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Polisi menyebut kepemilikan senjata api (senpi) anggota Satuan PJR Ditlantas Polda Metro Jaya, Ipda OS tidak melanggar aturan. Diketahui, Ipda OS diduga menembak dua orang di Exit Tol Bintaro, Jakarta Selatan pada Sabtu (27/11/2021) lalu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan anggota Satuan PJR seperti Ipda OS memang dibekali senpi jenis HS dengan sejumlah ketentuan.

"Dia kan anggota Patroli Jalan Raya (PJR) bagaimana kalau PJR enggak pakai senjata, di jalan ditodong orang. Kan ada ketentuannya dia anggota operasional," ucap Zulpan saat dihubungi, Jumat (3/12/2021).

Dikatakan Zulpan, senpi jenis HS tersebut memang model terbaru untuk anggota PJR. Untuk memilikinya, anggota PJR wajib menjalani sejumlah ujian seperti uji psikologi dan izin dari pimpinan satuan.

Selain itu, tingkat emosional pemilik senjata juga akan diuji. Zulpan meyakini segala syarat tersebut sudah dilalui Ipda OS karena sudah mengantongi kartu kepemilikan senjata api.

"Untuk memperolehnya juga melalui tahapan-tahapan. Kalau penggunaannya sudah pasti dia memenuhi syarat karena dia memiliki kartu senjata kan, jadi dia sudah lulus dalam tahapan itu," ungkapnya.

Zulpan mengatakan, saat ini yang menjadi fokus pemeriksaan bukanlah kepemilikan senpi Ipda OS. Pemeriksaan saat ini fokus pada, layak atau tidaknya Ipda OS mengeluarkan tembakan. Bidang Propam Polda Metro Jaya dan Divisi Propam Mabes Polri sedang memeriksa hal tersebut.

Diketahui, Polda Metro Jaya menyebut kasus penembakan di Exit Tol Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada Sabtu (27/11/21) dini hari dilakukan oleh anggota Satuan PJR Ditlantas Polda Metro Jaya, Ipda OS. Salah seorang korban, Poltak Pasaribu meninggal dunia, dan seorang lainnya M Aruan menjalani perawatan di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bahagianya Apriyani/Fadia Juara Malaysia Open 2022

Bahagianya Apriyani/Fadia Juara Malaysia Open 2022

SPORT | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings