Logo BeritaSatu

Gunung Semeru Erupsi, 8 Penambang Pasir Masih Terjebak

Sabtu, 4 Desember 2021 | 22:23 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Bupati Lumajang, Jawa Timur, Indah Amperawati Masdar menyatakan, 8 penambang pasir masih terjebak dampak erupsi Gunung Semeru, di Lumajang, Jawa Timur. Menurutnya, banyak pohon tumbang mengakibatkan jalan menuju area penambangan di Desa Sumber Wuluh yang berada di Kampung Renteng terhambat.

"Ada 2 orang yang hilang sampai sekarang belum ditemukan dan ada 8 orang terjebak di kantor milik pemilik tambang. Kami tidak bisa menghubungi karena teleponnya tidak bisa dikontak. Tadi sore sempat mengirimkan video minta tolong untuk bisa dibantu, tetapi petugas tidak bisa mengevakuasi karena lahar panas sudah ada di sana. Jadi kami menunggu surut mudah-mudahan masih selamat," katanya dalam konferensi pers virtual gabungan yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sabtu (4/12/2021) malam.

Kepala BNPB, Mayjen TNi Suharyanto mengatakan penambang pasir yang dilaporkan tersebut masih diupayakan untuk dievakuasi. Dia menyebut para penambang pasir tersebut tidak sempat mengevakuasi diri ke tempat lebih tinggi ketika terjadi erupsi Semeru.

"Tadi bapak bupati menyampaikan bahwa ada penambang pasir yang masih terjebak. BNPB bersama BPBD setempat, TNI, dan Polri masih terus berupaya mengevakuasi para penambang pasir tersebut. Namun tim terkendala tebalnya debu dan medan yang hanya bisa dilewati kendaraan tertentu," ungkapnya.

"Ini masih diupayakan BPBD, TNI, Polri di sana dan termasuk unsur-unsur BNPB, ini di lokasi debu sangat tebal sekali dan mobil yang 4x4 tidak bisa mencapai sasaran. Ini perkembangan akan kami pantau terus untuk terus diupayakan para penambang pasir bisa segera dievakuasi," kata dia.

Oleh karena itu BNPB bakal menyediakan helikopter sebagai kendaraan udara yang bisa memantau langsung kepada 8 orang yang masih terjebak.

Diketahui Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik yang ditunjukkan dengan terjadinya guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.20 WIB.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Muhidin Said


# Roy Suryo


# Partai Buruh


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rumor Ronaldo Ingin Tinggalkan MU, Ini Bocoran dari Bruno Fernandes

Rumor Ronaldo Ingin Tinggalkan MU, Ini Bocoran dari Bruno Fernandes

BOLA | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings