Logo BeritaSatu

Kemenkes: Logistik Kesehatan untuk Korban Semeru Aman

Senin, 6 Desember 2021 | 07:52 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Eka Jusuf Singka menegaskan logistik kesehatan untuk korban erupsi Gunung Semeru aman dan sudah disalurkan.

Menurut Eka, aktivitas di bidang kesehatan untuk menangani korban dampak erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur (Jatim) sudah berlangsung sejak Sabtu (4/12/2021).

“Pagi tadi sudah masuk semua logistik-logistik yang dikirim dari Jakarta bersama-sama juga dari BNPB antara lain adalah alat-alat kesehatan yang bersifat dasar dan akan kami tindak lanjuti,” kata Eka pada konferensi pers tentang “Perkembangan Pasca-Erupsi Gunung Semeru” secara daring, Minggu (5/12/2021).

Dia menuturkan, logistik kesehatan akan berpusat di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lumajang. Dengan demikian, rumah sakit atau puskesmas atau pelayanan kedaruratan di tenda-tenda darurat agar segera melakukan koordinasi di dinas kesehatan kabupaten/kota.

Adapun alat kesehatan mulai terdiri atas masker bedah, masker anak, masker kain, masker N95, tenda 1 unit, ventilator, regulator, tabung oksigen, penjernih air, kantong sampah medis, dan lainnya.

Selain logistitif dasar, Eka menyebutkan, Kemenkes telah melakukan koordinasi Dinkes Lumajang untuk kebutuhan sumber daya manusia tenaga kesehatan (SDM nakes) bagi 4 pos pengungsi di Kecamatan Candipuro dan Pronojiwo.

“Setiap pos pengungsi tersebut telah ada pos kesehatan dan sebanyak 77 orang yang berada di tenda pengungsi tersebut,” ucapnya.

Eka menuturkan, para nakes yang ditugaskan untuk akan bekerja secara sif dan pusat komando dilakukan oleh Kepala Dinkes Lumajang.

Sementara para korban luka berat dan luka bakar, kata Eka, akan dirujuk ke rumah sakit yang memenuhi syarat. “Jadi ada 5 rumah sakit yang menjadi rujukan di sana termasuk juga rumah sakit- rumah sakit di Surabaya yang siap untuk menerima pasien-pasien termasuk dalam hal rujukan rumah sakit jiwa,” paparnya.

Selain tim nakes disiapkan oleh Kemenkes, Eka menuturkan, ada tim pendukung kesehatan selain dari Dinkes Surabaya, ada juga dari Persatuan Ahli Bedah Indonesia, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Palang Merah Indonesia (PMI) dan seluruh lembaga swadaya masyarakat (LSM) bekerja di bidang kesehatan.

“Kami tentu mengucapkan terima kasih tak terhingga atas peran dan bantuan untuk bisa melayani masyarakat di daerah terdampak,” ujarnya.

Selanjutnya, Eka menyebutkan, dalam pelayanan kesehatan 13 puskesmas di Kabupaten Lumajang telah bersiaga dengan 5 puskesmas juga di sekitaran di Kabupaten Malang yang menjadi perbatasannya.

Dengan begitu, rujukan-rujukan korban luka bakar di bawah 20% itu bisa juga dirujuk ke rumah sakit swasta yang ada di sekitarnya dan yang mengalami luka berat ke RSUD dr Saiful Anwar Malang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polda Metro Jaya Sita Akun Twitter Milik Roy Suryo

Polda Metro Jaya Sita Akun Twitter Milik Roy Suryo

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings