Logo BeritaSatu

Transjakarta Bantah Sopirnya Kerja Lebih dari 8 Jam

Rabu, 8 Desember 2021 | 22:26 WIB
Oleh : Yustinus Paat / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Utama PT Transjakarta M Yana Aditya membantah isu dan informasi terkait sopir bus Transjakarta yang bekerja lebih dari 8 jam sehari. Menurut Yana, sesuai dengan standard operating procedure (SOP), sopir bekerja dalam jangka waktu 8 jam sehari.

“Tidak ada yang lebih dari 8 jam, sesuai SOP tidak ada,” ujar Yana di Kantor PT Transjakarta, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (8/12/2021).

Yana mengatakan semua sopir dan petugas bekerja sesuai dengan SOP dan ketentuan yang ada. Namun, kata dia, saat ini, semua SOP yang ada sedang dievaluasi sebagai buntut dari kecelakaan beruntun yang melibatkan bus Transjakarta. Evaluasi ini dilakukan secara internal dan oleh pihak luar yang independen, seperti Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Jadi, semua ini tentunya berdasarkan di SOP yang ada, kami sedang mengevaluasi. Nanti suatu waktu apabila KNKT telah mengeluarkan rekomendasi, mengeluarkan pedoman kita semua akan melaksanakannya. Jadi kami sekarang bekerja sama dengan KNKT,” ungkap dia.

Dalam evaluasi ini, kata Yana, pihaknya juga akan menyamakan persepsi dengan pihak-pihak lain seperti kepolisian yang juga melakukan penyelidikan terhadap kasus-kasus kecelakaan yang melibatkan bus Transjakarta. Termasuk, kata Yana, hasil analisis Polda Metro Jaya yang menyebutkan bahwa penyebab kecelakaan bus Transjakarta sebagian besar disebabkan karena human error.

“Ya, nanti bakal kita evaluasi kita semua menyamakan persepsi di sini, jangan sampai kita di sini memberikan informasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu hari ini kita sama-sama menyamakan persepsi faktor evaluasi, apakah manusia, armada ataupun lingkungan yaitu jalan armada,” pungkas Yana.

Sebelumnya Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan hasil analisis menunjukkan kecelakaan beruntun yang melibatkan bus Transjakarta belakangan sebagian besar disebabkan karena human error atau kesalahan dari pihak driver.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cedera, Muhammad Ferarri Tak Tampil di Laga Lawan Brunei

Cedera, Muhammad Ferarri Tak Tampil di Laga Lawan Brunei

BOLA | 20 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings