Logo BeritaSatu

Skandal Clubbing, PM Finlandia Minta Maaf

Kamis, 9 Desember 2021 | 12:13 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Helsinki, Beritasatu.com- Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin telah meminta maaf karena pergi clubbing setelah melakukan kontak dekat dengan kasus Covid-19. Seperti dilaporkan BBC, Rabu (8/12/2021), Sanna Marin pergi keluar malam di Helsinki, beberapa jam setelah menteri luar negerinya dinyatakan positif.

Awalnya, Marin diberitahu bahwa dia tidak perlu mengisolasi karena telah divaksinasi lengkap. Dia melewatkan pesan yang menyarankan dia untuk melakukannya.

Kritikus mempertanyakan penilaian Marin karena tidak mengisolasi diri sampai tes negatif.

Perdana menteri dari Sosial Demokrat, 36 tahun, mengatakan pesan teks yang menyarankan dia untuk menghindari kontak sosial dikirim ke telepon kantornya, yang dia tinggalkan di rumah.

Ketika melihat teks pada hari Minggu, Marin segera mencari tes Covid dan hasilnya kembali negatif.

Pada awalnya Marin membela tindakannya. Dia beralasan telah mengikuti saran dari menteri luar negerinya, yang memberitahunya tentang paparan Covid.

Tetapi dalam satu pesan Facebook pada Senin (6/12), Marin mengaku seharusnya memeriksa ulang panduan tersebut dan menggunakan penilaian yang lebih baik.

"Saya sangat menyesal karena tidak mengerti bahwa saya perlu melakukan itu," tulisnya.

Di bawah pedoman Covid Finlandia, siapa pun yang divaksinasi ganda tidak perlu diisolasi jika mereka melakukan kontak dengan kasus positif. Tetapi pedoman itu menyarankan orang untuk secara sukarela menghindari kontak sosial jika mereka menunggu akses ke tes Covid.

Menurut surat kabar Helsingin Sanomat dari Finlandia, pedoman terpisah untuk menteri dan pegawai pemerintah juga merekomendasikan untuk membatasi kontak sosial segera setelah terpapar.

Berbicara kepada wartawan di parlemen pada Rabu, Marin mengatakan dia tidak diberi panduan ini. Dia mengatakan dia mengambil tanggung jawab pribadi atas kurangnya informasi dan sekali lagi meminta maaf atas tindakannya.

Marin telah menghadapi kritik sejak majalah gosip menerbitkan foto-foto perdana menteri menghadiri klub malam Helsinki dengan teman-temannya pada hari Sabtu.

Majalah Seiska menyatakan telah berbicara dengan saksi yang melihat dia menari di klub Butchers, tempatnya berpesta sampai pukul 04.00.

Marin menjadi perdana menteri termuda di dunia ketika dia terpilih untuk memimpin koalisi kiri-tengah dengan empat partai lain pada 2019.

Finlandia bernasib lebih baik daripada sebagian besar sekutu Eropanya selama pandemi Covid, mencatat sekitar 196.000 kasus dan 1.384 kematian. Tetapi sejak September, infeksi telah merayap semakin tinggi, dengan peningkatan lebih dari 1.000 per hari selama berminggu-minggu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jaring Capres, Relawan Jokowi Gelar Musyawarah Rakyat Indonesia

Jaring Capres, Relawan Jokowi Gelar Musyawarah Rakyat Indonesia

NEWS | 19 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings