Logo BeritaSatu

254 Perlintasan Sebidang KA di Daop 1 Jakarta Tak Dijaga

Senin, 13 Desember 2021 | 11:11 WIB
Oleh : Mikael Niman / BW

Jakarta, Beritasatu.com – PT KAI mendata, ada 294 perlintasan liar atau tidak dijaga. Dari data tersebut, pada 2021 Daop 1 Jakarta sudah melakukan 40 penutupan perlintasan sebidang liar. Hingga kini, terdapat sedikitnya 254 perlintasan sebidang yang tidak dijaga alias perlintasan liar di wilayah Daop 1 Jakarta.

Adapun perlintasan sebidang yang dijaga petugas PT KAI sebanyak 121 perlintasan dan 45 perlintasan sebidang yang dijaga oleh pihak lain atau non-KAI.

Advertisement

Sepanjang Januari hingga awal Desember 2021, PT KAI Daop 1 Jakarta telah melaksanakan 50 kegiatan sosialisasi keselamatan perjalanan kereta api (KA), di antaranya 29 sosialisasi di perlintasan sebidang, 2 kegiatan sosialisasi di sekolah dan 19 kegiatan kepada masyarakat yang tinggal atau beraktivitas di dekat jalur KA.

“PT KAI Daop 1 Jakarta terus melakukan sosialisasi, mengajak masyarakat khususnya yang tinggal di sekitar jalur KA untuk lebih peduli akan peraturan yang sudah ditetapkan, agar perjalanan KA yang aman, selamat dan sehat dapat diwujudkan bersama,” kata Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, Senin (13/12/2021).

Dia mengatakan, untuk mewujudkan perjalanan kereta api yang aman, nyaman dan selamat merupakan bentuk kolaborasi antara PT Kereta Api Indonesia (Persero), masyarakat dan Pemerintah terkait.

Sosialisasi di perlintasan sebidang dilakukan dengan menggandeng komunitas kereta api dan kepolisian setempat dengan cara membentangkan spanduk dan poster imbauan agar masyarakat lebih tertib saat melintasi perlintasan sebidang dan mengutamakan perjalanan KA.

“Guna meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan menumbuhkan kepedulian terhadap keselamatan perjalanan KA di kalangan masyarakat Daop 1 Jakarta secara konsisten gencar melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai keselamatan perjalanan KA di perlintasan sebidang, beberapa sekolah baik tingkat SD, SMP dan SMA/SMK dan masyarakat yang tinggal dekat jalur KA,” tuturnya.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi ini didasari masih rendahnya kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di perlintasan sebidang yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

PT KAI Daop 1 Jakarta mencatat, sejak Januari hingga November 2021 telah terjadi 53 kejadian kecelakaan di perlintasan sebidang kereta api baik di perlintasan liar maupun dijaga.

“Beragam imbauan disampaikan kepada pengendara agar mematuhi rambu saat melalui perlintasan sebidang jalur KA,” imbuhnya.

PT KAI Daop 1 Jakarta kembali mengingatkan perlunya kesadaran masyarakat dalam mentaati peraturan undang-undang, yang tertuang dalam UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Maskapai Rusia Mulai Alami Kesulitan Suku Cadang Pesawat

Maskapai Rusia Mulai Alami Kesulitan Suku Cadang Pesawat

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings