Logo BeritaSatu

Bantu Korban Terdampak Gempa NTT, Mensos Cek Gudang Bantuan di Bekasi

Selasa, 14 Desember 2021 | 22:07 WIB
Oleh : Mikael Niman / EHD

Bekasi, Beritasatu.com - Kementerian Sosial (Kemensos) merespons cepat kejadian gempa di Nusa Tenggara Timur (NTT) magnitudo 7,4 yang mengguncang Barat Laut Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12/2021).

Menteri Sosial Tri Rismaharini langsung mengecek gudang bantuan Kemensos di Kota Bekasi. “Saat ini, kebutuhan yang paling ditunggu adalah makanan. Jadi, bagaimana makanan ini bisa cepat diterima warga,” kata Tri Rismaharini, dalam keterangan resminya, Selasa (14/12/2021).

Bantuan Kemensos akan dikirim ke Kabupaten Flores dan Kabupaten Sikka, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara (Kendari).

Mensos berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk memastikan pengiriman barang bantuan dapat terkirim dengan segera melalui tol laut. “Saya telepon Pak Menhub untuk menjajaki kemungkinan pengiriman barang melalui tol laut,” imbuhnya.

Selain itu, Mensos juga menghubungi beberapa Kepala Balai Kemensos yang paling mungkin menjangkau lokasi bencana. Di antara yang dihubungi adalah Kepala Balai Effata Kupang Wahyu Dewanto, Kepala Loka Minaula Kendari Syamsuddin, Kepala Balai Toddopuli Makassar Christina Junus, dan Kepala Balai Paramitha Mataram Ketut Supena.

Mensos meminta mereka menyiapkan langkah-langkah penanganan bencana. Di antaranya dengan menyiapkan gudang untuk menampung bantuan yang akan tiba.

Dia menginstruksikan agar segera membagikan bantuan tiba di lokasi. Bantuan yang dikirim berupa makanan siap saji, makan anak, tenda keluarga, tenda besar, kelengkapan anak, selimut, dan peralatan dapur.

Jumlahnya untuk makanan anak, makanan siap saji dan perlengkapan anak, dikirim masing-masing sebanyak 10.000 pak. Sementara untuk tenda dikirimkan sebanyak 1.000 unit dan selimut 2.000 lembar.

Bantuan dari Kemensos juga dikirimkan dari gudang buffer stock regional Makassar ke Kendari berupa makanan anak sebanyak 900 paket, matras 1.000 lembar, selimut 600 lembar, family kit 600 paket, dan tenda gulung merah 800 paket. Sedangkan bantuan yang dikirim ke Sulawesi Selatan berupa makanan anak 900 paket, matras 500 lembar, selimut 500 lembar, family kit sebanyak 500 paket, dan tenda gulung merah 500 paket.

Dari gudang Balai Rehsos Magelang dikirimkan bantuan menuju Kabupaten Sikka dan dari gudang Balai Rehsos Solo dikirimkan ke Kabupaten Flores Timur.

Bantuan yang saat ini dikirim terutama makanan siap saji, dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam waktu segera.

“Bantuan makanan itu di awal. Nanti setelah itu segera dibangun dapur umum. Jadi, ini kebutuhan masyarakat nanti bisa dicukupi melalui dapur umum,” imbuhnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Muhidin Said


# Roy Suryo


# Partai Buruh


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Western Sydney University Raih Peringkat 1 Dunia Versi Times Higher Education

Western Sydney University Raih Peringkat 1 Dunia Versi Times Higher Education

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings