Logo BeritaSatu

Transjakarta Tabrak Pejalan Kaki, Sopir Dinyatakan Tak Bersalah

Rabu, 15 Desember 2021 | 10:21 WIB
Oleh : Stefani Wijaya/Bernadus Wijayaka / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Penyidik Ditlantas Polda Metro Jaya telah selesai melakukan gelar perkara pada Selasa (14/12/2021) terkait kasus bus Transjakarta yang menabrak pejalan kaki berinisial RH hingga tewas di Jalan Raya Taman Margasatwa Raya, Jakarta Selatan, Senin (6/12/2021) lalu. Dari hasil gelar perkara itu, sopir Transjakarta dengan inisial YK dinyatakan tidak bersalah.

"Hasil gelar perkara yang bersangkutan sopir atas nama YK tidak cukup unsur untuk dijadikan tersangka yang melanggar unsur Pasal 310 Ayat 4," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono saat dihubungi, Rabu (15/12/2021).

Dikatakan Argo, penyidik menilai pengemudi YK tidak memenuhi unsur untuk dijadikan tersangka. Pertama, jarak antara korban dengan penyebrang sangat dekat yaitu sekitar 4 meter. Sehingga tidak cukup melakukan pengereman dalam jarak 4 meter. Dengan kecepatan 30 km per jam, pengemudi tidak bisa melakukan pengereman.

"Jadi misal jarak pengereman minimal 14 meter dengan kondisi jalan basah kalau kering 10 meter dengan jaraknya dari pengereman. Jadi begitu menabrak baru bisa berhenti," kata Argo.

Kedua, di jalur busway tidak ada ruang gerak yang membuat pengemudi tidak bisa menghindar ketika korban berinisial RH tiba-tiba muncul menyebrang. Fakta tersebut didapatkan dari hasil pemeriksaan CCTV di tempat kejadian perkara (TKP).

"Artinya si sopir tidak bisa ke kiri atau ke kanan. Ke kiri nabrak separator mungkin fatalitas lebih tinggi kalau ke kanan nabrak pembatas. Memang tidak bisa sempat menghindar," lanjut Argo.

Ketiga, alasan sopir tidak bersalah yaitu dilihat dari sisi korban selaku penyeberang jalan. Korban tidak menyeberang di tempat yang telah disediakan. Padahal, 50 meter dari lokasi kecelakaan terdapat jembatan penyeberangan.

"Jadi kesimpulannya tidak terpenuhi. Karena pejalan kaki juga punya kelalaian. Justru di sini pejalan kaki yang berpotensi menjadi tersangka," ungkap Argo.

Selain itu, keluarga korban tidak melakukan penuntutan sehingga kasus tersebut diselesaikan secara restorative justice.

Diketahui, Transjakarta menabrak pejalan kaki RH hingga tewas di Jalan Raya Taman Margasatwa Raya, Jakarta Selatan pada Senin (6/12/2021) malam.

Kecelakaan tersebut berawal dari korban RH yang hendak menyeberang di dekat SMK Negeri 57 arah Mampang Prapatan tertabrak bus Transjakarta dengan nomor polisi B 1707 PGA yang dikemudikan YK.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polres Jakbar Ringkus Maling Pencurian Rumah Duri Kosambi

Polres Jakbar Ringkus Maling Pencurian Rumah Duri Kosambi

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings