Logo BeritaSatu

Anggota DPRD Sebut Kenaikan UMP DKI 5,1% Bakal Direvisi Lagi

Selasa, 21 Desember 2021 | 23:04 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta Pandapotan Sinaga mengatakan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI Tahun 2022 sebesar 5,1% belum final. Hal ini lantaran Pandapotan mendapatkan informasi dari Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Disnakertrans) DKI Andri Yansyah yang menyebut kenaikan UMP 5,1% akan direvisi lagi.

"Saya kemarin itu telepon Dinas Tenaga Kerja, malah akan ada revisi lagi," ujar Pandapotan di sela-sela acara laporan akhir tahun Fraksi DPRD DKI PDIP di Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (21/12/2021).

Advertisement

Pandapotan menilai kenaikan UMP DKI yang berubah-ubah telah menciptakan ketidakpastian hukum. Konsekuensi lanjutannya, kata dia, terjadinya kegaduhan di tengah masyarakat.

"Jadi saya pikir ini mau menciptakan kegaduhan terhadap rakyatnya. Kenapa begitu? Karena itu akan menciptakan suasana tidak kondusif antara pengusaha dengan buruh," katanya.

Selain itu, katanya, revisi tersebut harus memiliki dasar hukum yang jelas dan kuat serta perlu disepakati bersama semua pihak yang berkepentingan. Menurut dia, bisa saja revisi diterima oleh pengusaha yang mampu dan mapan, sementara pengusaha yang tidak mampu, apalagi terdampak pandemi Covid-19, akan kesulitan dengan kenaikan UMP 5,1% tersebut.

"Ini menciptakan kegaduhan, buktinya asosiasi pengusaha langsung ke PTUN untuk revisinya. Jadi kepercayaan buruh ke pengusaha tidak kondusif lagi. Nanti kami Komisi B DPRD bakal panggil lagi (jajaran Pemprov DKI) untuk tanya dasar revisinya," kata Pandapotan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Airlangga: UMKM Berkontribusi Besar pada Ekonomi Nasional

Airlangga: UMKM Berkontribusi Besar pada Ekonomi Nasional

EKONOMI | 3 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings