Logo BeritaSatu

Fasilitas Karantina Pemerintah Hanya yang Penuhi Syarat

Rabu, 22 Desember 2021 | 08:52 WIB
Oleh : Maria Fatina Bona / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan bahwa fasilitas karantina Wisma Atlet dan rusun hanya diperuntukkan bagi tiga kelompok warga negara Indonesia (WNI) yang pulang ke Tanah Air. Mereka adalah pekerja migran Indonesia (PMI), pelajar yang telah menyelesaikan studi di luar negeri dan aparatur sipil negara (ASN) yang kembali dari perjalanan dinas luar negeri.

"Ketiga kelompok ini nantinya akan ditanggung biaya karantinanya selama durasi karantina yang diwajibkan," kata Wiku pada konferensi pers tentang “Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia”, Selasa (21/12/2021).

Wiku menuturkan, saat ini direncanakan terdapat tiga fasilitas karantina terpusat tambahan di DKI Jakarta. Di antaranya, Rusun Penggilingan di Pulogebang, Rusun Daan Mogot, dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) DKI Jakarta. Sedangkan untuk WNI atau WNA lainnya, termasuk dalam kategori wisatawan dapat memanfaatkan hotel rekomendasi Satgas Covid-19.

Wiku menuturkan, fasilitas karantina hotel ini sudah seharusnya dipesan sebelum kedatangan ke Indonesia. Ia juga menambahkan, terkait dengan biaya karantina pemerintah telah menyesuaikan dengan dana yang dibutuhkan sesuai standar keuangan pemerintah.

Sementara bagi masyarakat yang menempuh perjalanan ke luar negeri karena alasan mendesak harap mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan untuk karantina wajib tersebut.

Wiku mengatakan, jika terjadi kenaikan kasus Covid-19, pemerintah juga akan menetapkan rencana penambahan durasi karantina. Untuk itu pemantauan kondisi kasus Covid-19 nasional terus dilakukan. “Apabila dari hasil studi populasi di kemudian hari ditemukan bahwa masa munculnya gejala sejak seseorang terinfeksi varian Omicron membutuhkan waktu yang lebih panjang, maka durasi karantina akan disesuaikan kembali,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia sampai 3 Juli 2022

Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia sampai 3 Juli 2022

NEWS | 18 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings