Logo BeritaSatu

Buntut Aksi Buruh, Wahidin Halim Copot Kasatpol PP dan Lapor ke Jokowi

Jumat, 24 Desember 2021 | 13:38 WIB
Oleh : Chairul Fikri / YUD

Tangerang, Beritasatu.com- Gubernur Banten, Wahidin Halim mencopot Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Provinsi Banten, Agus Supriyadi. Pencopotan dilakukan karena Agus tak bisa mencegah masuknya buruh ke ruangan Gubernur Banten saat aksi demonstrasi menunntut kenaikan upah pada Senin (21/12/2021). Hal itu diungkapkan Wahidin Halim saat menggelar jumpa pers, Kamis (23/12/2021) sore.

"Kasatpol PP Provinsi Banten kami berhentikan sementara sambil kita periksa. Dan yang saya sesalkan kenapa mereka (Satpol PP) enggak berupaya mencegah buruh untuk masuk ke ruangan saya dan menjarah yang ada dalam ruangan saya, kan dokumentasinya gak ada, mereka ini namanya kecologan," tegas Wahidin.

Advertisement

Ditegaskan Wahidin, tak hanya mencopot Kasatpol PP Provinsi Banten, Wahidin Halim juga mengatakan akan melapor kepada Presiden Joko Widodo, Mendagri dan juga ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait insiden tersebut.

"Saya menyerahkan kepada pihak-pihak berwenang dan saya sudah membuat konsep, perlu saya laporkan perkembangan ini kepada Presiden, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Dalam Negeri, departemen, dan lembaga terkait, Kapolri, misalnya," tambahnya.

Wahidin berkilah aksi demo buruh yang hingga masuk ke dalam ruangannya merupakan preseden buruk bagi kemajuan demokrasi di Indonesia. Lantaran sebagai Kepala Daerah dirinya punya tugas yang besar menjembatani tugas dari pemerintah pusat dan juga masyarakat yang dipimpinnya. Bila kejadian terulang pastinya akan membuat kepala daerah seperti dirinya takut mengambil keputusan ke depannya.

"Kalau ini tidak diselesaikan ini akan jadi preseden buruk bagi pemerintah. Karena nanti gubernur pada takut, wali kota, bupati, kalau ngambil keputusan. Bahkan undang-undang memberikan kewenangan ke pemerintah daerah, tapi kita diikuti peraturan-peraturan, kita kan terikat pada aturan," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pengamat Nilai Pidato Puan Maharani Tunjukkan Kelas sebagai Tokoh Bangsa

Pengamat Nilai Pidato Puan Maharani Tunjukkan Kelas sebagai Tokoh Bangsa

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings