Logo BeritaSatu

Mahfud Paparkan Dinamika Pembahasan Revisi UU ITE

Jumat, 31 Desember 2021 | 20:38 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD membeberkan dinamika yang terjadi terkait revisi Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengirimkan surat presiden (Surpres) RUU UU ITE kepada DPR pada Kamis (16/12/2021) lalu.

Mahfud mengakui terdapat perbedaan pandangan antara kehendak publik dengan pemerintah terkait revisi UU tersebut. Mahfud mempersilakan pihak-pihak yang berbeda pandangan untuk berkunjung ke parlemen saat pembahasan.

Meski demikian, Mahfud menegaskan jika menunggu sampai perbedaan pandangan tidak ada lagi, pembahasan revisi UU ITE tidak akan pernah terselesaikan.

“Kalau menunggu tidak ada gap, tidak akan pernah selesai, karena undang-undang apa pun selalu ada perbedaan,” tutur Mahfud di Jakarta, Kamis (30/12/2021) lalu.

Mahfud menegaskan pemerintah sudah mengundang mulai dari korban, pelapor, politikus, akademisi, hingga organisasi yang membela korban UU ITE untuk dimintai aspirasinya.

“Ketika kemudian ditawarkan secara umum apakah dengan keadaan seperti itu lalu UU ITE dianggap tidak perlu? Semuanya menganggap perlu. Tidak ada yang menganggap tidak perlu,” ujar Mahfud.

Atas dasar itu, Mahfud mengatakan diskusi dalam revisi UU ITE berfokus pada hal apa saja yang paling rasional dan memberikan banyak manfaat. Dalam diskusi tersebut, mustahil untuk menyamakan seluruh kehendak publik.

“Kalau tunggu sama dengan publik 100 persen itu tidak mungkin ada. Itu sebabnya ada negara. Ada prosedur, ada hukum karena tidak mungkin sama. Lalu hukum itu yang mengambil keputusan melalui prosedur-prosedur hukum juga,” katanya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu turut menyoroti adanya orang yang vokal mengkritisi revisi UU ITE di media. Padahal, dia mengungkapkan pemerintah telah menampung aspirasi orang tersebut.

“Itu orang yang sering ngomong juga di media, itu sudah datang ke sini. Bicaranya kayak begitu. Sesudah dijelaskan ya ngerti. Tapi keluar, ngomong gitu lagi. Itu biasa,” ungkap Mahfud.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

BOLA | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings