Logo BeritaSatu

Budiman Sudjatmiko: Stop Dramatisir Tahun Politik

Sabtu, 5 Januari 2013 | 11:44 WIB
Oleh : B1

Yang harus kita kritisi ketika tahun politik, kekuasaan ditampilkan dengan tidak substantif misal blusukan.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko menilai tahun 2013 yang diklaim sebagian orang sebagai tahun politik tak perlu didramatisir.

Menurut anggota Komisi II ini, sebagai politikus maka setiap tahun seharusnya menjadi tahun pemberdayaan politik. Namun diakuinya, tahun 2014 jelang Pemilu memang akan menjadi tahun kekuasaan politik.

"Tahun 2013 aksentuasi politik kekuasaan, tapi setiap hari adalah politik dan sebagai politisi enggak mungkin saya hanya berpikir politik (hanya di) tahun 2013. Bahaya itu," kata Budiman dalam diskusi bertajuk "Tahun Berburu Politik" di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (5/1).

"(Kekuasaan politik) salahkah itu, enggak salah, persoalan sejak zaman Romawi juga begitu, orang memilih kafilah setelah Nabi Muhammad juga sudah terjadi artinya kita tidak enggak usah mendramatisir itu," lanjutnya.

Dalam hal politik, politikus oposisi ini berpendapat, kekuasaan memang harus dikejar. Namun setelah mendapatkan kekuasaan tersebut, harus melakukan penataan sekaligus mewujudkan visi dan misi.

Meski demikian, menurut Budiman, dalam tahun kekuasaan politik ada hal yang harus dikritisi yakni hal yang dianggap tidak substansial.

"Yang harus kita kritisi ketika tahun politik, kekuasaan ditampilkan dengan tidak substantif misal blusukan atau tidak blusukan," ujarnya.

Blusukan merupakan istilah mengunjungi warga akar rumput atau turun ke lapangan yang populer saat kampanye Gubernur Jokowi. Aksi serupa mulai kemarin (4/2) dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Esensi politik ini kekuasaan pada 2014 akan jatuh bukan ke tangan siapa tapi ke tangan pemimpin dengan visi apa, itu dulu," tutupnya.


Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Catat Ya! Indonesia Punya Startup Gaming Hub Berkelas Dunia

Catat Ya! Indonesia Punya Startup Gaming Hub Berkelas Dunia

LIFESTYLE | 6 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings