Logo BeritaSatu

Ramadan Jadi Momen UMKM Bangkit dan Kembangkan Bisnis Online

Kamis, 14 April 2022 | 09:00 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Saat ini segala kebutuhan beribadah di bulan Ramadan bisa dengan mudah dipenuhi lewat kanal online. Masyarakat juga sudah mulai beralih ke berbelanja online. Data dari Google, Temasek & Bain, e-Conomy SEA 2021 memaparkan 45% toko online akan meningkatkan penggunaan pelayanan website untuk 5 tahun mendatang. Momen Ramadan yang diyakini membawa berkah menjadi kesempatan pelaku UMKM untuk bangkit dan mengembangkan bisnis mereka.

Data ini bisa menjadi motivasi pelaku bisnis di bulan Ramadan ini dengan mengembangkan toko online. Ragam bisnis selama Ramadan sangat banyak mulai dari katering makanan untuk sahur dan berbuka puasa, perlengkapan salat dan busana muslim hingga paket hampers jelang Lebaran nanti.

Advertisement

Indra Hartawan selaku Country Manager Exabytes Indonesia mengatakan para pelaku usaha yang berfokus di internet dapat menggunakan tool marketing yang tepat untuk mendatangkan traffic ke website toko mereka.

"Sebagai contoh untuk mengetahui produk unik yang sedang tren saat Ramadan setiap tahunnya bisa menggunakan Google Trends untuk mengetahui produk yang sedang diminati pasar. Kemudian melakukan pemasaran digital melalui Facebook Ads atau Google Ads. Dengan begitu, diharapkan penjualan dapat meningkat secara signifikan," ujar Indra dalam

Selama pandemi, online menjadi konsep berbelanja yang disukai. Terlihat dari data yang dilansir dari Google, 73% konsumen menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi lebih jauh seperti dari e-commerce dan website brand yang sedang dicari, sehingga semakin banyak toko offline maupun brand yang beralih ke strategi digital untuk mengelola bisnis mereka.

"Pelaku usaha harus melihat dan memaksimalkan peluang bisnis dengan memanfaatkan banyak kanal penjualan online sebagai prioritas seperti promosi di media sosial dan memaksimalkan website," tambah Indra.

Lebih lanjut Iqbal Prakasa, Marketing Manager JDL Express Indonesia menambahkan bulan Ramadan ini juga momen yang tepat bagi pebisnis atau seller untuk meningkatkan penjualan, salah satunya hampers. "Tahun 2022 ini boleh dikatakan tahun bangkitnya UMKM setelah 2 tahun kita melewati pandemi. Jadi, ini waktu yang pas untuk melebarkan funnel sales, tidak hanya di marketplace saja,” jelas Iqbal.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Puan Maharani


# Pohon Koka


# Brigadir J


# Ferdy Sambo


# Mahfud MD


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Biaya Energi Dorong Warga Eropa ke dalam Kemiskinan Pangan

Biaya Energi Dorong Warga Eropa ke dalam Kemiskinan Pangan

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings