Isi Bahan Bakar di Udara, 2 Pesawat AS Jatuh

Isi Bahan Bakar di Udara, 2 Pesawat AS Jatuh
Ilustrasi pengisian bahan bakar di udara. ( Foto: Military Wiki )
Heru Andriyanto / HA Kamis, 6 Desember 2018 | 16:25 WIB

Tokyo - Dua pesawat militer Amerika Serikat jatuh ketika sedang melakukan operasi pengisian bahan bakar di udara di wilayah lepas pantai Jepang, Kamis (6/12), dan lima marinir masih hilang.

Menurut Pasukan Bela Diri Jepang, dua marinir sudah diselamatkan, yang satu dalam kondisi baik-baik saja yang satu lagi dibawa ke rumah sakit.

"Pesawat militer AS dan Pasukan Bela Diri Jepang dan juga sejumlah kapal dilibatkan untuk mencari mereka yang hilang. Saya harap mereka bisa diselamatkan secepat mungkin," kata Menteri Pertahanan Jepang Takeshi Iwaya.

Kecelakaan terjadi saat dilakukan latihan rutin pukul 02.00 waktu setempat, melibatkan jet tempur F/A-18 dengan dua awak dan pesawat tanker KC-130 dengan lima awak. Dua marinir yang telah dievakuasi adalah awak jet tempur.

Pasukan Bela Diri Jepang (SDF) mengerahkan sembilan pesawat dan tiga kapal untuk melakukan pencarian.

AS menempatkan sekitar 50.000 tentara di Jepang, dan kecelakaan seperti ini bukan hal baru.

Pada November, sebuah jet tempur milik Angkatan Laut AS jatuh ke laut dekat Pulau Okinawa. Tahun lalu, pesawat jenis C-2A "Greyhound" dengan 11 orang di dalamnya jatuh di Laut Filipina.

Selain itu juga terjadi sejumlah insiden helikopter Osprey milik AS, termasuk beberapa kali pendaratan darurat, sekali jatuh, dan insiden potongan baling-baling yang jatuh di halaman sebuah sekolah.

Rentetan insiden itu memicu ketegangan setelah warga di dekat pangkalan militer AS menentang pengopersian helikopter Osprey.



Sumber: AFP
CLOSE