Dicengkeram Terorisme, Afganistan Jadi Negara Paling Mematikan

Dicengkeram Terorisme, Afganistan Jadi Negara Paling Mematikan
Pasukan keamanan Afghanistan berjalan di sekitar lokasi serangan bom bunuh diri di Kabul, Afghanistan, Kamis (29/11). ( Foto: AP / Rahmat Gul )
Unggul Wirawan / WIR Kamis, 6 Desember 2018 | 19:34 WIB

Kabul- Afganistan menjadi negara paling mematikan di dunia untuk terorisme, menyalip posisi Irak. Menurut laporan Indeks Terorisme Global 2018 atau Global Terrorism Index yang dirilis Rabu (5/12), seperempat dari seluruh kematian terkait terorisme di seluruh dunia selama tahun 2017 terjadi di Afganistan.

Laporan Indeks Terorisme Global 2018 ini mengutip gelombang serangan oleh Taliban dan kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS). Kematian di seluruh dunia terkait dengan terorisme terus menurun untuk tahun ketiga berturut-turut, tetapi ISIS tetap kelompok yang menewaskan kebanyakan orang.

Perang terpanjang Amerika dimulai setelah serangan 9/11 saat pasukan AS menginvasi Afganistan dan menggulingkan Taliban yang berkuasa, yang melindungi pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden.

Afganistan masih menampung sekitar 14.000 pasukan AS, meskipun Presiden Donald Trump telah menyatakan ketidaksabarannya untuk menarik mundur misi militer. Secara total, Afganistan mengalami 4.653 korban jiwa dalam 1.168 insiden teroris tahun lalu. Taliban bertanggung jawab atas 77% dari seluruh insiden itu.

Namun, kematian di seluruh dunia terkait dengan terorisme jatuh untuk tahun ketiga berturut-turut. Hal itu menjadi kesimpulan laporan yang diterbitkan oleh lembaga kajian Institut Ekonomi dan Perdamaian yang berbasis di Australia.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE