Raja Baru Malaysia Dinobatkan Akhir Januari 2019

Raja Baru Malaysia Dinobatkan Akhir Januari 2019
Foto dokumentasi pada 17 Juli 2018 ini memperlihatkan raja ke-15 Malaysia, Sultan Muhammad V (kanan), bersiap untuk menyampaikan pidatonya pada upacara pembukaan parlemen di Kuala Lumpur didampingi Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad (kiri). ( Foto: AFP / Mohd Rasfan )
Unggul Wirawan / WIR Selasa, 8 Januari 2019 | 19:47 WIB

Kuala Lumpur- Dewan Penguasa Malaysia akan bertemu pada 24 Januari 2019 untuk memilih raja dan wakil baru. Menurut giliran rotasi, raja Malaysia berikutnya berasal dari kesultanan Pahang. Namun Sultan Nazrin Shah dari negara bagian Perak utara diputuskan sebagai penjabat raja Malaysia.

Pada Senin (7/1), Penjaga Aturan Penguasa, Syed Danial Syed Ahmad mengatakan penguasa baru Malaysia berikutnya akan dinobatkan pada 31 Januari 2019.

Syed Danial mengatakan tanggal itu diputuskan oleh para penguasa saat pertemuan di Istana Negara pada Senin pagi. Pertemuan tersebut dihadiri oleh para penguasa Terengganu, Perlis, Negeri Sembilan, Johor, Perak, dan Kedah.

Pertemuan diadakan setelah keputusan turun takhta yang diambil Sultan Muhammad V sebagai raja Malaysia pada Minggu (6/1). Konferensi Para Penguasa harus bertemu untuk memilih seorang raja baru selambat-lambatnya empat minggu setelah posisi itu kosong.

Sultan Muhammad V hanya bertahan selama dua tahun di atas takhta. Pengunduran diri itu adalah peristiwa yang pertama kali dalam sejarah Malaysia.

Enam kendaraan bertuliskan lambang kerajaan rumah kerajaan Perlis, Terengganu, Negeri Sembilan, Johor, Perak dan Kedah terlihat memasuki halaman Istana Negara mulai jam 10 pagi, waktu setempat.

Pertemuan itu berlangsung lebih dari satu jam sebelum mobil-mobil kerajaan para penguasa Melayu terlihat meninggalkan Istana Negara mulai pukul 12.25 siang.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE