2019, Sebagian Prioritas Kemlu RI Tercurah di DK PBB

2019, Sebagian Prioritas Kemlu RI Tercurah di DK PBB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2019 di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (9/1) ( Foto: SP / Unggul Wirawan )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 9 Januari 2019 | 14:35 WIB

Jakarta- Tahun 2019 menjadi tahun yang sibuk bagi diplomasi politik luar negeri Indonesia. Kementerian Luar Negeri akan melanjutkan kerja keras dan prioritas politik luar negeri Indonesia. Sebagian kerja kementerian akan tercurah pada keanggotaan Indonesia di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

“Tim dewan keamanan PBB di New York telah diperkuat sejak Oktober 2018. Indonesia akan memegang presidency DK PBB pada Mei 2019 dan Pertengahan 2020,” kata Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi di Jakarta, Rabu (9/1).

Saat menyampaikan Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2019 itu, Menlu Retno juga meyakinkan bahwa Indonesia akan terus memprioritaskan pemeliharaan perdamaian, pemberantasan terorisme, sinergi antarkawasan dan PBB, serta isu Palestina.

“Bagi Indonesia, peran kawasan dalam menopang perdamaian dunia harus diperkuat. Keamanan kawasan adalah tulang punggung perdamaian dunia. Dalam konteks itulah, Indonesia akan memperkuat arsitektur kawasan Indopasifik,” katanya.

Menurut Retno, Indonesia akan menggagas beberapa inisiatif. Mulai dari Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue, Indonesia-South Pasific Dialogue, Pasific Expo dan sejumlah kegiatan lain.

“Peran perempuan dalam diploasi dan kemanusiaan akan dikedepankan. Di kawasan, Indonesia berencana menyelenggarakan Women and Peace Dialog dengan mengundang para diplomat perempuan ASEAN,” paparnya.

Pada tahun 2019 ini, kata Retno, Indonesia juga akan menyampaikan pencalonan sebagai anggota Dewan HAM PBB untuk periode 2020 2022. Indonesia sangat mengharapkan dukungan atas pencalonan keanggotaan tersebut dan siap bekerja sama dengan negara-negara lain.

Di tempat yang sama, Kemlu RI juga menggelar pameran Capaian 4 Tahun Kementerian Luar Negeri yang berlangsung pada 8-10 Januari 2019. Seperti tahun-tahun sebelumnya, PPTM 2019, juga dihadiri para duta besar negara-negara sahabat, perwakilan negara asing, pemangku kepentingan, dan  insan pers.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE