Dari India, Warga Rohingya Mengungsi Ke Bangladesh

Dari India, Warga Rohingya Mengungsi Ke Bangladesh
Anak-anak Rohingya di kamp pengungsi di Bangladesh. ( Foto: Istimewa )
Natasia Christy Wahyuni / WIR Kamis, 10 Januari 2019 | 07:14 WIB

Dhaka- Puluhan warga Rohingya telah menyebrang dari India ke perbatasan Bangladesh dalam beberapa hari terakhir, menyusul aksi India untuk mendeportasi sejumlah warga Rohingya ke Myanmar. Pekan lalu, India menyerahkan satu keluarga Rohingya yang terdiri dari lima orang, ke otoritas Myanmar, meskipun militer di sana diduga melakukan genosida terhadap kelompok minoritas tersebut.

Pemulangan paksa itu, yang kedua kalinya, dikritik oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan kelompok hak asasi manusia (HAM) Amnesti Internasional, yang menyebut India mengabaikan hukum internasional dan mengirimkan Rohingya ke dalam bahaya.

Petugas perbatasan dan polisi Bangladesh menyatakan puluhan warga Rohingya telah ditahan karena menyeberang dari India dalam beberapa pekan terakhir. Mereka dikirimkan ke kamp-kamp pengungsi di sebelah selatan negara itu, dimana jutaan warga Muslim tinggal dalam kesulitan. Situasi di India dan ketakutan akan deportasi telah memicu eksodus ke Bangladesh baru-baru ini.

“Mereka mengaku panik setelah India mulai menahan para pengungsi Rohingya dan mendeportasi mereka ke Myanmar,” kata Shahjahan Kabir yaitu kepala polisi di kota perbatasan timur Bangladesh, Brahmanpara.

Menurut Kabir, 17 warga Rohingya ditahan Kamis lalu setelah menyeberang ke Bangladesh, diikuti 31 titik di perbatasan yang berbeda. Kebanyakan dari mereka telah tinggal di India selama lebih dari enam tahun.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE