Pencalonan Putri Ubolratana Jadi PM Ditolak Rja Thailand

Pencalonan Putri Ubolratana Jadi PM Ditolak Rja Thailand
Ubolratana Mahidol ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Natasia Christy Wahyuni / WIR Minggu, 10 Februari 2019 | 09:56 WIB

Bangkok,Beritasatu.com- Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mengatakan pencalonan Putri Ubolratana Mahidol, kakak perempuannya sebagai perdana menteri "tidak pantas" dan tidak konstitusional.

“Keterlibatan anggota keluarga kerajaan untuk jabatan tinggi dalam politik, dengan cara apa pun, adalah tindakan yang bertentangan dengan tradisi, adat, dan budaya negara, dan karenanya dianggap sangat tidak pantas,” bunyi pernyataan raja, Jumat (8/2).

Penolakan Raja Vajiralongkorn ini mungkin akan membuat pencalonan Putri Ubolratana Mahidol digugurkan oleh komisi pemilihan umum Thailand.

Putri Ubolratana Mahidol (67), yaitu kakak perempuan Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, dipastikan maju sebagai calon perdana menteri (PM) dalam pemilu tanggal 24 Maret 2019. Keputusan itu mematahkan tradisi keluarga kerajaan Thailand yang harus menjauhi publikasi dengan berada di luar politik.

Ubolratana akan maju untuk Partai Thai Raksa Chart (Thailand Selamatkan Bangsa) bergabung dengan mantan PM populis Thaksin Shinawatra yang digulingkan dalam kudeta militer tahun 2005. Salah satu lawan utamanya dalam pemilu adalah PM incumbent Prayut Chan-o-Cha yang mengumumkan sendiri keikutsertaannya dalam pemilu, Jumat (8/2).

Pencalonan dari seorang keluarga dekat kerajaan belum pernah terjadi sebelumnya di Thailand sejak era monarki absolut berakhir 86 tahun lalu. Pada Jumat malam, Raja Vajiralongkorn mengkritik pencalonan kakaknya lewat satu pernyataan tajam, khususnya berdasarkan standar Kerajaan Thailand.

Konfirmasi majunya Putri Ubolratana disampaikan oleh Ketua Partai Thai Raksa Chart, Letnan Preechapon Pongpanich, Jumat. Partai Thai Raksa Chart adalah cabang dari Pheu Thai, inkarnasi terakhir dari partai Thaksin yang telah memenangkan setiap pemilu sejak 2001.

“Setelah pertemuan di antara para eksekutif kami, kami memutuskan untuk mengirim Putri Ubolratana sebagai kandidat PM kami. Dia adalah orang yang berpengetahuan luas dan cakap. Kami menemuinya dan dia dengan sangat baik menerima undangan kami,” kata Preechapon.



CLOSE