JK Nilai Penyerangan Masjid di Selandia Baru Terencana

JK Nilai Penyerangan Masjid di Selandia Baru Terencana
Jusuf Kalla. ( Foto: Antara )
Robertus Wardi / FER Jumat, 15 Maret 2019 | 17:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menilai, penyerangan terhadap dua masjid di Selandia Baru merupakan sebuah tindakan terencana atau terorganisir. Pasalnya, pelaku menyiapakan kamera dalam aksinya, yang bisa dipasang di senjata yang digunakan.

"Ini suatu upaya yang sangat terorganisir, direncanakan. Apalagi dia bawa kamera sendiri, live streaming kan,” kata JK di Istana Wakil Presiden (Wapres), Jakarta, Jumat (15/3/2019).

JK menjelaskan, pemerintah Indonesia mengutuk aksi tersebut. Informasi yang diperoleh menyebutkan, hingga saat ini sudah ada 40 orang yang meninggal.

"Pemerintah Indonesia dan saya pribadi sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia, sangat sedih apa yang terjadi di Selandia Baru itu. Sampai saat ini, disampaikan ada 40 orang meninggal di dua masjid. Kita doakan untuk korban. Pelakunya, yang menurut kabar sekitar 4 orang,” tutur JK.

JK menegaskan, selama ini Selandia Baru dikenal sebagai negara aman. JK sendiri sudah sempat salat di salah satu masjid yang menjadi lokasi penembakan.

"Selama ini, Selandia Baru negara yang aman. Saya dua kali salat di masjid di sana. Di sana sangat baik, terbuka pemerintah dan masyarakatnya. Tidak ada unsur-unsur diskriminastif dan itu ada di mana-mana. Sekali lagi saya menyatakan sedih dan belasungkawa,” tutup JK.



Sumber: Suara Pembaruan