Terkait Pemilu, Facebook Hapus Ratusan Akun Palsu di India

Terkait Pemilu, Facebook Hapus Ratusan Akun Palsu di India
Rahul Gandhi ( Foto: Pardaphash )
Unggul Wirawan / JAI Selasa, 2 April 2019 | 15:36 WIB

New Delhi, Beritasatu.com - Facebook telah menghapus 549 akun dan 38 halaman palsu yang terkait dengan kepentingan partai politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) India, Pada Senin (1/4/2019).

Di antara hal-hal paling signifikan yang telah dihapus, Facebook menyatakan sebagian besar akun dan halaman tersebut telah ditautkan ke Partai Kongres India, yang merupakan oposisi dari pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi. 

Facebook semakin mendapat tekanan di seluruh dunia untuk memastikan platform media sosialnya tidak disalahgunakan untuk tujuan politik atau menyebarkan informasi yang keliru, terutama menjelang pemilihan umum.

Penghapusan ini menandai langkah berani Facebook, mengingat akun tersebut mengingat memiliki lebih dari 300 juta pengguna di India. Facebook menjadi alat kampanye politik utama dalam pemilihan umum India jelang jelang pesta demokrasi terbesar di dunia yang dimulai pada 11 April.

Saat Perdana Menteri Narendra Modi dan para pesaingnya menggunakan akun Facebook resmi untuk mengirim pesan politik kepada jutaan pengikut. Tetapi ada juga ribuan halaman yang tidak terverifikasi berbagi pesan untuk mendukung atau mengkritik politisi.

Di sisi lain, penghapusan terhadap akun-akun yang terkait dengan Partai Kongres, yang dipimpin oleh Rahul Gandhi, diduga dilatarbelakangi popularitas Partai Kongres yang telah mendominasi politik India. 



Sumber: Suara Pembaruan/Reuters/BBC