Bos Foxcon Akan Maju dalam Persaingan Presiden Taiwan

Bos Foxcon Akan Maju dalam Persaingan Presiden Taiwan
Konglomerat Foxconn, Terry Gou. ( Foto: Bloomberg / Dokumentasi )
Natasia Christy Wahyuni / WIR Kamis, 18 April 2019 | 11:33 WIB

Taipei, Beritasatu.com- Kepala Foxconn, yaitu pemasok perusahaan teknologi Apple, Terry Gou, menyatakan akan maju dalam persaingan presiden Taiwan tahun 2020. Gou (69) mengatakan “seorang dewi telah memintanya maju untuk membantu orang-orang”.

Gou adalah orang terkaya Taiwan dengan kekayaan senilai US$ 7,6 miliar (Rp 106,6 triliun) berdasarkan Forbes. Dia menyatakan pertarungan pemilu yang sudah berjalan lewat kandidasi dari oposisi, Partai Kuomintang yang dekat dengan Tiongkok.

“Pemilu 2020 sangat penting. Apakah saya harus maju atau tidak?” kata Gou saat kunjungan ke satu kuil di dewi laut Matsu di kota Taipei Baru.

“Matsu berbicara kepada saya lewat mimpi beberapa hari lalu dan hari ini, (saya) harus mencari orang-orang yang menderita, memberikan para pemuda harapan dan mempertahankan perdamaian lintas selat,” tambah Gou.

Pencalonannya yang masih membutuhkan persetujuan Partai Kuomintang, terjadi saat waktu yang sulit dalam hubungan lintas selat dan memberikan pukulan bagi partai penguasa pro-kemerdekaan, Partai Demokratik Progresif (DPP), yang berjuang dalam jajak pendapat.

Presiden petahana Tsai Ing-wen (62) dari DPP yang skeptis, juga menyatakan akan kembali maju dalam pemungutan suara 11 Januari 2020.

Tsai menghadapi tantangan dari mantan perdana menteri (PM) pro-kemerdekaan William Lai dalam pemilihan pendahuluan partai. DPP akan mengumumkan kandidat presidennya akhir bulan ini.

Sementara itu, Gou menambahkan akan mundur dari operasional di garis depan, namun masih memegang perusahaan Foxconn. Dikenal dengan nama resmi Industri Presisi Hon Hai, Foxconn merakit iPhones milik Apple serta bagian-bagian dan aksesoris untuk merk-merk internasional lainnya.



Sumber: Suara Pembaruan