Kandidat Oposisi Turki Klaim Wali Kota Istanbul

Kandidat Oposisi Turki Klaim Wali Kota Istanbul
Ekrem Imamoglu ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Kamis, 18 April 2019 | 11:57 WIB

Istanbul, Beritasatu.com- Kandidat dari partai oposisi utama Turki, Ekrem Imamoglu telah menyatakan diri sebagai wali kota baru Istanbul, Kamis (18/4). Kalim ini dilontarkan meskipun ada permintaan dari Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) untuk membatalkan pemungutan suara dan mengadakan penghitungan ulang.

“Kami tidak pernah menyerah, kami tidak pernah menyerah dalam perjuangan kami untuk demokrasi dan hak-hak,” kata Imamoglu dalam sambutannya kepada para pendukung di gedung balai kota.

Imamoglu kemudian menuju ke markas besar wali kota. Di sana, pada pukul 18.30 waktu setempat, dia mengambil alih tugas dari Mevlut Uysal yang berkuasa. Rekaman video menunjukkan kerumunan besar pendukung yang bersorak di luar gedung di distrik Caglayan.

Hampir tiga minggu setelah pemilihan, Ekrem Imamoglu dari Partai Rakyat Republik (CHP) menerima mandat di kantor dewan pemilihan Istanbul pada Rabu (17/4) sore setelah penghitungan ulang di sejumlah distrik di kota Istanbul.

“Kami menyadari ada proses yang sedang berlangsung. Kami berharap pihak berwenang yang relevan akan menyelesaikan proses ini dengan cara yang paling sensitif dan adil,” tambahnya.

Hasil awal menunjukkan bahwa Imamoglu memenangi pemilihan umum di kota terbesar di Turki dan pusat ekonomi dengan selisih tipis. Kemenangan ini mengakhiri 15 tahun kekuasaan Partai AK Presiden Recep Tayyip Erdogan.



Sumber: Suara Pembaruan