Pilot Berhasil Mendaratkan Pesawat Tanpa Roda Depan di Myanmar

Pilot Berhasil Mendaratkan Pesawat Tanpa Roda Depan di Myanmar
Pesawat Myanmar tergelincir di Yangon ( Foto: CBC.ca )
Winda Ayu Larasati / WIN Senin, 13 Mei 2019 | 11:06 WIB

Yangon - Pilot pesawat Myanmar National Airlines berhasil mendaratkan pesawat jenis Embraer 190 dengan baik, setelah mengalami gangguan teknis pada Minggu (12/5/2019).

Sebelum melakukan pendaratan di Bandara Mandalay, Kapten Myat Moe Aung sempat berputar di atas bandara selama dua kali memastikan pengontrol lalu lintas bandara melihat apakah roda depan pesawat tersebut keluar atau tidak.

Pesawat yang hendak berangkat dari Yangon mengalami kendala teknis saat mendekati Bandara Mandalay. Roda depan pesawat tidak keluar, sementara sang pilot mengikuti prosedur darurat dan membakar kelebihan bahan bakar pesawat untuk mengurangi beban pesawat.

Sebuah video memperlihatkan pendaratan pesawat menggunakan roda belakang, sebelum hidung pesawat menyentuh landasan pacu. Pesawat tersebut tergelincir selama 25 detik sebelum akhirnya berhenti.

Menteri Transportasi Myanmar Win Khant memuji pilot Myat Moe Aung yang berhasil mendaratkan pesawat tanpa melukai penumpang.

"Pilot tersebut telah melakukan pekerjaannya dengan baik," kata Win Khant.

Insiden ini merupakan kali kedua di Myanmar dalam seminggu ini. Sebelumnya, pada Rabu (8/5/2019) pesawat maskapai Biman Bangladesh Airlines tergelincir dari landasan pacu Bandara Mandalay ketika mendarat dalam kondisi cuaca buruk. Dari insiden tersebut, 17 penumpang mengalami luka.



Sumber: Reuters, BBC World, CBC