Dewan Pemilihan Turki Tolak Batalkan Hasil Pemilu 2018

Dewan Pemilihan Turki Tolak Batalkan Hasil Pemilu 2018
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyapa para pendukungnya ketika ia berada di trem vintage di Lapangan Taksim di Istanbul, Turki, Minggu (12/5/2019). ( Foto: AFP / Kepresidenan Turki )
/ WIR Selasa, 14 Mei 2019 | 12:01 WIB

Istanbul, Beritasatu.com- Badan Pemilihan Tinggi Turki (YSK) menolak tuntutan partai-partai oposisi untuk membatalkan pemilihan lokal di 39 distrik Istanbul, serta pemilihan nasional tahun 2018 yang memenangkan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Pekan lalu, YSK memerintahkan pengulangan untuk pemilihan wali kota di Istanbul dengan dalih ketidakberesan dalam penunjukkan para petugas tempat pemungutan suara (TPS) sebagaimana diminta oleh partai Erdogan, Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP).

Namun, oposisi menilai tindakan itu janggal karena YSK tidak membatalkan pemungutan suara untuk pemerintahan distrik, wali kota, dan dewan kota.

Oposisi utama dari Partai Rakyat Republik (CHP) dan Partai Iyi beralasan jika pemungutan suara wali kota, yang memenangkan CHP, dibatalkan, maka seharusnya seluruh pemungutan suara di Istanbul, termasuk kemenangan Erdogan dalam pemilihan presiden tahun lalu juga harus dianulir karena kesalahan sama terjadi dalam semua pemilihan tersebut.

Badan pemilihan pekan lalu memerintahkan pemungutan suara ulang untuk pemilihan wali kota Istanbul berdasarkan desakan AKP dan sekutu nasionalisnya, MHP. Dalam pemilihan itu, kandidat CHP, Ekrem Imamoglu, menang dengan selisih tipis.

Kekalahan AKP dalam pemilihan wali kota Istanbul adalah pertama kalinya dalam 25 tahun. Erdogan sendiri memulai karier politiknya sebagai wali kota Istanbul.



Sumber: Suara Pembaruan