Partai BJP Menang Telak, Modi Janji Persatukan Bangsa India

Partai BJP Menang Telak, Modi Janji Persatukan Bangsa India
Narendra Modi ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Kamis, 23 Mei 2019 | 19:21 WIB

New Delhi, Beritasatu.com- Perdana Menteri India Narendra Modi berjanji untuk menyatukan negara itu. Pernyataan Modi dilontarkan pada Kamis (23/5) setelah kemenangan telak pemilihan umum.

Data resmi dari Komisi Pemilihan Umum menunjukkan Partai Nasionalis Hindu Bharatiya Janata (BJP) Modi memimpin 300 dari 542 kursi yang diperebutkan.

Jumlah itu naik dari 282 yang dimenangkan BJP pada 2014. Kini Modi memperoleh lebih dari 272 kursi yang dibutuhkan untuk mayoritas di majelis rendah parlemen.

"Bersama-sama kita akan membangun India yang kuat dan inklusif. India menang lagi!," kata Modi di Twitter.

Kemenangan Modi mendorong pasar keuangan karena investor mengharapkan pemerintahnya untuk terus mengejar reformasi ekonomi.

Modi akan berada di bawah tekanan untuk memberikan kesempatan kerja bagi puluhan juta anak muda yang datang ke pasar kerja dalam beberapa tahun mendatang dan untuk meningkatkan pendapatan pertanian yang tertekan.

"Tantangan langsung adalah untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan, masalah pendapatan pertanian dan menghidupkan kembali sektor perbankan," kata Madan Sabnavis, kepala ekonom di Care Ratings di Mumbai.



Sumber: Suara Pembaruan