Filipina Surplus Dua Juta Kg Mangga

Filipina Surplus Dua Juta Kg Mangga
Ilustrasi buah mangga. ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Selasa, 11 Juni 2019 | 08:35 WIB

Manila, Beritasatu.com- Filipina mengalami surplus lebih dari dua juta kilogram mangga setelah panen raya.

Seperti dilaporkan BBC, Senin (10/6), Menteri Pertanian Filipina Emmanuel Piñol mengatakan bahwa mangga tambahan adalah hasil dari cuaca kering yang disebabkan El Niño.

Fenomena El Nino terjadi secara alami dan memiliki pengaruh besar pada pola cuaca di seluruh dunia.

Pemerintah telah meluncurkan kampanye pemasaran dalam upaya untuk menjual satu juta kilogram buah pada bulan Juni ini sebelum buah-buahan itu mulai membusuk.

Kepada Manila Times, Emmanuel Piñol mengatakan bahwa "saat ini ada surplus sekitar dua juta kilogram mangga di Luzon". Dia mengatakan stok mangga terakhir kali setinggi tahun ini adalah "setelah El Niño pada tahun 2015 dan 2016".

Di beberapa daerah Filipina, mangga dijual dengan harga sedikitnya 20 peso (sekitar Rp 5.500).

Piñol juga menuduh eksportir mangga kering yang berbasis di Cebu berkontribusi pada stok tinggi setelah berhenti membeli mangga lokal dan memilih untuk menggunakan buah dari luar negeri.

Departemen Pertanian Filipina akan mengadakan lokakarya untuk petani mangga di Luzon. Lokakarya itu ditujukan untuk membantu meningkatkan standar mereka agar mereka dapat lulus persyaratan ekspor.

Di pihak lain, Diamond Star Agro Products, importir buah-buahan Jepang, menyatakan sedang mencari untuk membeli 100.000 kg buah musim ini.



Sumber: Suara Pembaruan