Presiden Xi: Dunia Berharap Perundingan Korut dan AS Sukses

Presiden Xi: Dunia Berharap Perundingan Korut dan AS Sukses
Foto bertanggal 8 Januari 2019 ini dirilis oleh Kantor Berita Pusat resmi Korea Utara menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (kiri) dan Presiden Tiongkok Xi Jinping. ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Natasia Christy Wahyuni / WIR Jumat, 21 Juni 2019 | 20:26 WIB

Beijing, Beritasatu.com- Presiden Tiongkok Xi Jinping melakukan lawatan bersejarah ke Korea Utara mulai Kamis (20/6) sampai Jumat (21/6) untuk memperkokoh hubungan kedua negara, serta mencakup pembicaraan mengenai perundingan nulklir antara Korut dan Amerika Serikat (AS). Ini menjadi kunjungan pertama pemimpin Tiongkok ke Korut dalam kurun 14 tahun.

“Persahabatan antara Tiongkok dan DPRK sesuai keinginan rakyat dari kedua negara,” kata Xi seperti dilaporkan oleh media pemerintah Tiongkok, Kamis.

Dalam pertemuan itu, Xi menyampaikan bahwa dunia berharap Korut dan AS bisa berbicara satu sama lain dan pembicaraan itu bisa sukses. Xi juga memuji upaya Pyongyang menuju denuklirisasi.

Kunjungan Xi, yang didampingi istrinya, Peng Liyuan, Menteri Luar Negeri Wang Yi, dan pejabat penting lainnya termasuk kepala perencana ekonomi Tiongkok, akan membawa dukungan baru bagi perekonomian Korut yang terbebani oleh sanksi-sanksi nuklir.

Pemimpin Korut Kim Jong-un bersama istrinya, Ri Sol Ju, menyambut Xi di bandara. Hadir pula saudara perempuan Kim, Kim Yo-jong, dan para pejabat yang berperan penting dalam pembicaraan nuklir terakhir dengan AS.

“Komunitas internasional berharap Korut dan AS bisa berbicara dan agar perundingan itu mendapatkan hasil,” kata Xi dalam pertemuan resmi.



Sumber: Suara Pembaruan