2019, Paspor Jepang dan Singapura Terbaik di Dunia

2019, Paspor Jepang dan Singapura Terbaik di Dunia
Para pelancong memindai paspor di gerbang imigrasi otomatis di Terminal 4, Bandara Internasional Changi, Singapura. ( Foto: AFP / Roslan Rahman )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 3 Juli 2019 | 19:36 WIB

London, Beritasatu.com- Paspor Jepang dan Singapura menjadi yang terbaik di dunia pada tahun 2019. Seperti dilaporkan CNN, Selasa (2/7), Henley Passport Index menilai paspor dari 189 negara yang paling ramah perjalanan di dunia.

Sementara Indonesia berada di peringkat 75 dengan skor 69, jauh di bawah Malaysia yang menduduki peringkat 13 dengan skor 176. Di Indeks Henley, posisi Indonesia juga jauh di bawah Timor Leste yang berada di peringkat 56 dengan skor 94.

Paspor Singapura dan Jepang menduduki peringkat teratas berkat kedua dokumen yang masing-masing menawarkan akses ke 189 negara.

Korea Selatan sekarang bergesekan dengan Finlandia dan Jerman di tingkat kedua. Warga negara dari ketiga negara itu dapat mengakses 187 yurisdiksi di seluruh dunia tanpa visa sebelumnya.

Negara-negara Eropa seperti Denmark, Italia, dan Luksemburg menempati posisi ketiga dalam indeks Henley, dengan akses bebas visa / on-arrival ke 186 negara, sementara Prancis, Spanyol dan Swedia berada di posisi keempat, dengan skor 185.

Lima tahun lalu, Amerika Serikat dan Inggris menduduki peringkat teratas pada tahun 2014 - tetapi kedua negara kini telah merosot ke posisi keenam, posisi terendah yang telah dipegang sejak 2010.

Finlandia telah mendapat manfaat dari perubahan terbaru terhadap kebijakan visa Pakistan yang sebelumnya sangat ketat.

Pakistan sekarang menawarkan Electronic Travel Authority (ETA) kepada warga negara dari 50 negara, termasuk Finlandia, Jepang, Malta, Spanyol, Swiss dan Uni Emirat Arab (UEA)- tetapi tidak, terutama, Amerika Serikat atau Inggris.



Sumber: Suara Pembaruan