Wapres Wang: Tiongkok Tak Bisa Dibungkam

Wapres Wang: Tiongkok Tak Bisa Dibungkam
Wang Qishan ( Foto: SCMP / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 10 Juli 2019 | 08:04 WIB

Beijing, Beritasatu.com- Tiongkok dan seluruh dunia harus bisa hidup berdampingan, karena dunia tak bisa membungkam Tiongkok. Pernyataan itu dilontarkan Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan pada Senin (8/7), merujuk pada Amerika Serikat yang dituding memicu perang dagang.

Perwakilan utama dari dua negara besar itu sedang mencoba untuk melanjutkan pembicaraan minggu ini untuk mencoba dan menyelesaikan perselisihan perdagangan selama setahun. Perang dagang telah membuat kedua negara mengenakan tarif yang semakin keras pada impor masing-masing.

Pemerintahan Trump menuduh Tiongkok terlibat dalam praktik perdagangan tidak adil yang mendiskriminasi perusahaan AS, transfer teknologi paksa, dan pencurian hak kekayaan intelektual. Namun Beijing membantah semua tuduhan itu.

“Perkembangan Tiongkok tidak dapat menutup seluruh dunia. Perkembangan dunia tidak dapat menutup Tiongkok,” kata Wang kepada World Peace Forum di Universitas Tsinghua di Beijing.

Wang juga memperingatkan terhadap "proteksionisme atas nama keamanan nasional", tetapi tanpa menyebut Amerika Serikat, dan mendesak negara-negara besar untuk memberi kontribusi lebih besar bagi perdamaian dunia.

Tiongkok juga dibuat berang oleh sanksi AS terhadap raksasa teknologi Huawei Technologies Co Ltd [HWT.UL] atas masalah keamanan nasional, dan visa AS yang mengekang siswa dan akademisi.

Dalam pidato, Wang, yang sangat dekat dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping dan jarang berbicara di depan umum, menegaskan kembali komitmen Tiongkok untuk membuka diri.

"Negara-negara besar harus memikul tanggung jawab mereka dan memberi contoh, memberikan lebih banyak kontribusi pada perdamaian dan stabilitas global, dan memperluas jalur pengembangan bersama. Pembangunan adalah kunci untuk menyelesaikan semua masalah," tambahnya.



Sumber: Suara Pembaruan