Terkait Kudeta Gulen, Turki Perintahkan Penangkapan 176 Personel Militer

Terkait Kudeta Gulen, Turki Perintahkan Penangkapan 176 Personel Militer
Penangkapan sejumlah tentara yang terlibat dalam kudeta di Turki. ( Foto: AFP )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 10 Juli 2019 | 08:38 WIB

Istanbul, Beritasatu.com- Turki telah memerintahkan penangkapan 176 personel militer. Mereka diduga memiliki kaitan dengan jaringan yang menurut Ankara ada di belakang upaya kudeta tiga tahun lalu.

Pada Selasa (9/7), Kantor kepala jaksa Istanbul menyatakan penangkapan dilakukan terhadap seorang kolonel, dua letnan kolonel, lima mayor, tujuh kapten dan 100 letnan dalam operasi yang meliputi tentara angkatan udara dan angkatan laut.

Ankara menyatakan ulama Muslim yang berbasis di AS Fethullah Gulen mendalangi kudeta yang gagal pada 15 Juli 2016. Namun dia telah membantah terlibat.

Dalam pembersihan selama 3 tahun sejak upaya kudeta, lebih dari 77.000 orang telah dipenjara sambil menunggu persidangan dan sekitar 150.000 pegawai negeri, personel militer, dan lainnya telah dipecat atau ditangguhkan dari pekerjaan mereka.

Sekutu dan kelompok hak asasi Barat Turki mengkritik skala tindakan keras tersebut. Mereka menyatakan Presiden Tayyip Erdogan telah menggunakan kudeta yang gagal sebagai alasan untuk meredam perbedaan pendapat.

Namun Ankara telah membela tindakan keras itu sebagai tanggapan yang perlu terhadap skala ancaman keamanan yang dihadapi Turki, bersumpah untuk memberantas jaringan Gulen.



Sumber: Suara Pembaruan