Banjir di Nepal dan India, Puluhan Orang Tewas

Banjir di Nepal dan India, Puluhan Orang Tewas
Warga berusaha menempuh perjalanan saat jalan-jalan tergenang banjir di India. ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Sabtu, 13 Juli 2019 | 10:12 WIB

New Delhi, Beritasatu.com- Sedikitnya 17 orang tewas di Nepal setelah hujan lebat yang menyebabkan banjir dan tanah longsor. Pada Jumat (12/7), para pejabat melaporkan bencana itu setelah hujan lebat sejak Kamis telah melanda beberapa distrik di Nepal, terutama di wilayah timur negara itu dan dataran selatan.

Menurut angka yang dikeluarkan oleh polisi Nepal, tujuh orang lagi terluka dan tujuh lainnya dilaporkan hilang. Tiga orang terbunuh ketika satu tembok runtuh di ibu kota Kathmandu.

"Pemerintah daerah dan pejabat keamanan kami semuanya bekerja untuk menyelamatkan orang dan membawa mereka ke tempat aman. Helikopter siaga jika diperlukan," kata pejabat Kementerian Dalam Negeri Umakanta Adhikari kepada AFP.

Pada Kamis (11/7), Departemen cuaca Nepal memperingatkan bahwa hujan lebat diperkirakan akan terus berlanjut selama dua hari, dan menyarankan orang untuk tetap waspada.

Hampir 150 orang meninggal tahun lalu di Nepal selama musim hujan, yang biasanya dimulai pada akhir Juni dan berlangsung hingga akhir Agustus.

Sementara di negara tetangga, India timur laut, jumlah kematian meningkat menjadi 11, dengan enam tewas di Assam dan lima lainnya di Arunachal Pradesh, kata para pejabat.

“Di negara bagian Assam di India timur laut, banjir musim hujan kini telah menggenangi 21 distrik, yang memengaruhi ribuan distrik,” kata para pejabat, Jumat.



Sumber: Suara Pembaruan