Turki Terima Rudal Rusia, AS Beri Ancaman

Turki Terima Rudal Rusia,  AS Beri Ancaman
Turki menerima paket pertama rudal kiriman S-400 dari Rusia. ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Jeanny Aipassa / WIR Sabtu, 13 Juli 2019 | 16:13 WIB

Ankara, Beritasatu.com- Turki menerima sistem rudal pertahanan S-400 buatan Rusia, pada Jumat (12/7). Amerika Serikat (AS) mengancam tak akan menjual pesawat tempur F-35 kepada Turki.

Kementerian Pertahanan Turki mengumumkan sebuah pesawat kargo Rusia yang membawa bagian dari sistem pertahanan rudal S-400 telah tiba di Pangkalan Udara Murted di Ankara, Turki, Jumat.

Foto-foto yang dipublikasikan Kementerian Pertahanan Turki melalui akun Twitter, menunjukkan peralatan besar dari sistem rudal yang disimpan di bawah terpal diturunkan dari pesawat kargo Rusia yang telah mendarat di pangkalan udara militer tersebut.

Turki membayar sekitar US$ 2,5 miliar atau Rp 35.000 triliun untuk memperoleh sistem pertahanan udara buatan Rusia tersebut. Para pejabat Turki menyatakan terpaksa mencari pengganti rudal pertahanan setelah AS dan Jerman menarik baterai rudal Patriot dari negara itu.

Ibrahim Kalin, penasihat senior Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, menjelaskan Turki membutuhkan baterai rudal patriot untuk sistem pertahanan, sehingga harus mencari alternatif setelah negara-negara sekutu NATO menarik komponen tersebut dari Turki.

"Satu-satunya baterai rudal Patriot yang kami miliki saat ini adalah yang dipinjamkan oleh Spanyol dan Italia. Sehingga semua telah menciptakan perasaan khawatir di Ankara tentang mengapa sekutu kami menarik sistem rudal Patriot mereka ketika kami membutuhkannya," kata Kalin.

Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar, mengatakan Turki masih berharap untuk membeli timpalannya dari AS, ketika ia mengumumkan kedatangan tiga pesawat yang membawa bagian pertama dari sistem rudal Rusia.

"Kami mencari pengadaan Patriot dan lembaga kami bekerja secara intensif dalam hal itu," kata Akar.



Sumber: Suara Pembaruan