Narkoba 384 Kg Diselundupkan di Ekskavator Australia

Narkoba 384 Kg Diselundupkan di Ekskavator Australia
Hasil pemindaian memperlihatkan sejumlah paket narkoba yang disembunyikan di lengan hidrolik ekskavator dikirim ke Australia, Juli 2019. ( Foto: RT / Satuan Perbatasan Australia )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 17 Juli 2019 | 22:58 WIB

Canberra, Beritasatu.com- Sejumlah besar paket kokain seberat 384 kg telah ditemukan tersembunyi di dalam ekskavator Caterpillar seberat 20 ton. Seperti dilaporkan RT, Selasa (16/7), paket itu telah dikirim ke Australia dari Afrika Selatan.

Hasil tangkapan besar ini dilakukan Pasukan Perbatasan Australia setelah mesin berat itu dipindai di fasilitas pemeriksaan Kontainer Sydney pada Juni. Temuan itu juga menyusul dua penangkapan besar pada Minggu (14/7) ketika polisi menyergap tersangka penyelundup di kota Bungendore yang sepi di New South Wales.

Paket narkoba itu kemungkinan ditujukan untuk kota Melbourne dan Canberra serta untuk resor ski di Pegunungan Snowy.

Petugas Pasukan Perbatasan menemukan ratusan paket kokain 1 kg yang disembunyikan di lengan hidrolik pengangkat ekskavator. Obat-obatan tersebut memiliki nilai pasaran US$ 144 juta AUS (US$ 101 juta atau sekitar Rp 342,8 miliar).

Setelah paket narkoba diketahui, mesin berat tersebut lalu “ditambal” lagi oleh pihak berwenang yang kemudian melakukan "pengiriman jebakan" ekskavator Trojan sesuai alamat yang dituju. Satuan polisi kemudian menggerebek satu bangunan di Bungendore pada Minggu pagi, dan menangkap dua pria.

Operasi penyelundupan digambarkan sebagai modus yang sangat canggih oleh Wakil Komisaris Operasi Border Australia Sharon Huey.



Sumber: Suara Pembaruan