Korsel Bangun PLTS Terapung Terbesar di Dunia

Korsel Bangun PLTS Terapung Terbesar di Dunia
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ( Foto: Antara/Widodo S Jusuf )
Feriawan Hidayat / FER Jumat, 19 Juli 2019 | 07:41 WIB

Seoul, Beritasatu.com - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung terbesar di dunia, yang mengambil lokasi di tiga danau buatan di wilayah Saemangeum, Provinsi Jeolla Selatan.

Seperti dilansir kantor berita Yonhap, Kamis (19/7/2019), Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi Korsel menyatakan, pembangunan PLTS terapung dengan kapasitas 2,1 gigawatt (GW) yang membentang sepanjang 30 kilometer persegi itu, telah disetujui dalam pertemuan komite kelistrikan.

Proyek PLTS terapung ini, diperkirakan bakal menelan biaya US$ 3,9 miliar dan akan dimulai konstruksinya pada paruh kedua 2020.

Jika fasilitas ini dibangun sesuai rencana, kapasitas yang dimiliki PLTS terapung ini bakal menjadi yang terbesar di dunia, dengan ukuran 14 kali lebih besar dari kapasitas PLTS terapung yang terdapat di kota Huainan, Tiongkok, yang saat ini masih memegang rekor sebagai PLTS terbesar di dunia.

Pembangunan proyek ini, disebutkan sejalan dengan target pemerintah Korsel untuk meningkatkan penggunaan sumber energi terbarukan hingga 20 persen bauran energi pada tahun 2030.



Sumber: Yonhap