Bus Afghanistan Dibom, 34 Orang Tewas

Bus Afghanistan Dibom, 34 Orang Tewas
Pasukan keamanan Afghanistan dan pekerja kota berkumpul di lokasi serangan di Kabul, Senin (29/7/2019), sehari setelah serangan mematikan yang menargetkan kantor kampanye politik. ( Foto: AFP / NOORULLAH SHIRZADA )
Unggul Wirawan / WIR Jumat, 2 Agustus 2019 | 06:50 WIB

Kandahar, Beritasatu.com- Satu bus dihantam bom bunuh diri di jalan raya Kandahar-Herat, Afghanistan, Rabu (31/7). Juru bicara provinsi Farah Muhibullah Muhib mengatakan setidaknya 34 orang tewas dan 17 orang lainnya cedera.

Bus yang ditumpangi korban menabrak satu alat peledak improvisasi. Para korban tewas kebanyakan adalah wanita dan anak-anak, di tengah seruan untuk mengakhiri pembunuhan yang tak beralasan di Afghanistan.

“Bom itu baru saja ditanam oleh gerilyawan Taliban untuk menargetkan pasukan keamanan Afghanistan dan asing. Semua korban adalah warga sipil, kebanyakan wanita dan anak-anak," katanya.

Sediq Sediqqi, juru bicara kepresidenan Afghanistan, membenarkan jumlah korban tewas dan juga menyalahkan serangan terhadap Taliban.

Namun seorang pejabat Taliban mengatakan para milisinya tidak bertanggung jawab atas penanaman ranjau darat di daerah itu.

"Ledakan itu belum dilakukan oleh Taliban, kami sedang menyelidiki insiden itu," kata juru bicara Zabihullah Mujahid.

Sejauh ini, tidak ada kelompok bersenjata yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Keamanan telah memburuk di Afghanistan dengan Taliban dan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) melakukan serangan hampir setiap hari terhadap pasukan Afghanistan, pegawai pemerintah, dan warga sipil.



Sumber: Suara Pembaruan