Iran Kembali Sita Kapal Tanker Asing di Teluk

Iran Kembali Sita Kapal Tanker Asing di Teluk
Foto dokumentasi pada 2 Juli 2012 ini memperlihatkan Pengawal Revolusi Iran mengendarai speedboat di depan kapal tanker minyak di pelabuhan Bandar Abbas. ( Foto: AFP / Atta KENARE )
Natasia Christy Wahyuni / WIR Senin, 5 Agustus 2019 | 20:00 WIB

Teheran, Beritasatu.com- Media Iran menyatakan pemerintah negara itu telah menyita kapal tanker asing yang diduga membawa bensin seludupan di Teluk. Kapal itu dicegat di dekat Pulau Farsi Iran di Teluk dimana pasukan elite Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) memiliki pangkalan angkatan laut (AL) yang berlokasi di utara Selat Hormuz.

“Pasukan AL IRGC telah menyita satu kapal tanker minyak asing di Teluk Persia yang menyeludupkan bensin untuk beberapa negara Arab,” sebut Komandan IRGC Ramezan Zirahi kepada stasiun televisi negara Iran.

“Itu membawa 700.000 liter bensin. Tujuh pelaut dari berbagai kewarganegaraan yang berada di atas kapal itu, telah ditahan,” tambah pernyataan Zirahi.

Kantor berita IRNA, mengutip IRGC, mengatakan kapal yang disita pada Rabu (31/7) malam merupakan milik Irak. Tapi Kementerian Perminyakan Irak membantah klaim tersebut, menyebut negaranya tidak mengekspor diesel kepada pasar internasional.

Media Al Jazeera menyebut para kru yang ditahan dibawa ke kota pelabuhan sebelah selatan, Bushehr. “Garda Revolusi mengatakan mereka melakukan operasi ini begitu mereka mendapatkan izin yang sesuai dari pengadilan,” sebut Al Jazeera.

Televisi Iran yang berbahasa Inggris, Press TV, menyiarkan video yang memperlihatkan IRGC menghentikan kapal itu lalu menahannya.

“Kapal telah disita di perairan wilayah Iran dan telah mengangkut bahan bakar diesel,” sebut siaran itu.

Sebelumnya, Iran juga menyita kapal tanker berbendera Inggris di Selat Hormuz karena tuduhan pelanggaran kelautan. Kapal Inggris bernama “Stena Impero” itu masih ditahan oleh Iran.



Sumber: Suara Pembaruan