Resmikan Gedung Baru ASEC

Jokowi Serukan Semangat Baru ASEAN

Jokowi Serukan Semangat Baru ASEAN
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menyampaikan pidato saat peresmian gedung baru Sekretariat ASEAN (ASEAN Secretariat/ASEC), di Jakarta, Kamis (8/8/2019). ( Foto: Istimewa / Dokumentasi Kementerian Luar Negeri )
Natasia Christy Wahyuni / JAI Kamis, 8 Agustus 2019 | 14:15 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, Kamis (8/8/2019) pagi, meresmikan gedung baru Sekretariat ASEAN (ASEAN Secretariat/ASEC) bertepatan dengan hari jadi atau pembentukan ASEAN ke-52 tahun.

“Gedung baru ini mencerminkan semangat baru ASEAN, the new ASEAN. Saya berharap ke depan sebagian besar kegiatan ASEAN sudah selayaknya dapat dilakukan di gedung ini,” kata Joko Widodo, yang akrab disapa Jokowi, dalam pidatonya di Nusantara Hall gedung baru ASEC, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.

Acara peresmian ASEC dihadiri antara lain oleh Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, Sekretaris Jenderal ASEAN dari Brunei Darussalam, Lim Jock Hoi, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Menlu Thailand, Don Pramudwinai, yang mewakili negaranya selaku Ketua ASEAN Tahun 2019, dan sejumlah menlu ASEAN lainnya, serta para duta besar negara sahabat.

Dalam pidatonya, Jokowi juga meminta ASEAN terus berperan dalam menyebarkan nilai-nilai dialog dan kerja sama, meskipun dia mengakui bahwa hal itu tidak mudah di tengah tantangan internal maupun global saat ini.

“Untuk dapat terus memainkan peran sentral ke depan, satu hal yang diperlukan ASEAN adalah persatuan. ASEAN harus bersatu, harus terus bersatu. Persatuan ini yang mampu membuat ASEAN bertahan selama 52 tahun,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, tantangan ASEAN sangat besar, termasuk menghadapi kemajemukan antar-anggotanya baik secara tingkat ekonomi, sistem politik, agama, dan etnis. ASEAN juga menghadapi tarik menarik antara kekuatan besar yang dipastikan semakin tajam.

Belum lagi di dalam negeri masing-masing, rakyat setiap negara anggota terus mempertanyakan mengenai manfaat ASEAN untuk rakyat. “Oleh karena itu, ASEAN harus dapat mempertahankan relevansinya bagi perkembangan baru dunia. Relevan bagi pemenuhan kepentingan rakyat ASEAN,” kata Jokowi.

Jokowi juga meminta ASEAN bekerja lebih cepat dan solid dalam merespons perubahan yang juga sangat cepat. Menurutnya, Indonesia berusaha memfasilitasi ASEAN dalam begerak cepat dan bekerja secara efektif dan efisien, salah satunya lewat pembangunan gedung baru ASEAN.

Dengan diresmikannya gedung baru ASEC, Jokowi berharap, dapat mengurangi secara drastis biaya perjalanan oleh Sekretariat ASEAN dan Wakil Tetap ASEAN. “Uang perjalanan yang dibelanjakan selama ini dapat digunakan untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat bagi ASEAN,” ujar Jokowi.



Sumber: Suara Pembaruan