Bandara Hong Kong Kembali Beroperasi

Bandara Hong Kong Kembali Beroperasi
Dua pramugari berjalan melewati papan pajangan listrik yang penuh dengan memo dan poster di bandara internasional Hong Kong, Selasa (13/8/2019), sehari setelah bandara ditutup karena protes pro-demokrasi. ( Foto: AFP / Philip FONG )
Unggul Wirawan / WIR Selasa, 13 Agustus 2019 | 10:47 WIB

Hong Kong, Beritasatu.com- Bandara udara Internasional Hong Kong kembali beroperasi Selasa (13/8) pagi. Aktivitas bandara mulai pulih setelah ratusan demonstran yang sebelumnya menduduki bandara, akhirnya meninggalkan lokasi.

Sebelumnya, seperti dilaporkan BBC, otoritas bandara Hong Kong terpaksa membatalkan lebih dari seratus keberangkatan di tengah langkah ribuan orang yang menduduki bandara.

Selasa (13/8) pagi, penumpang dengan bagasi sedang diperiksa di ruang keberangkatan dan papan informasi menunjukkan beberapa penerbangan sudah naik atau akan berangkat.

"Kami sudah melanjutkan check-in," ujar juru bicara bandara Hong Kong, seperti dikutip dari kantor berita AFP.

Hong Kong International Airport dalam situs resminya menyatakan akan mulai melakukan penjadwalan ulang penerbangan yang berdampak pada pergerakan penerbangan.

Penumpang diharapkan selalu memperhatikan informasi penerbangan terbaru melalui situs resmi bandara tersebut.

Penutupan tiba-tiba dari salah satu bandara tersibuk di dunia terjadi setelah ribuan demonstran berpakaian hitam menduduki bandara untuk sebuah demonstrasi damai.

Aksi massa tersebut dipicu oleh tuduhan-tuduhan bahwa aparat keamanan menggunakan kekerasan berlebihan dalam menghadapi aksi pengunjuk rasa pada akhir pekan.

Ancaman dakwaan terorisme, dengan hukuman lebih berat yang diarahkan kepada para pengunjuk rasa, tampaknya mendorong sebagian peserta aksi membubarkan diri.



Sumber: Suara Pembaruan