Iran Luncurkan Sistem Rudal Domestik Bavar 373

Iran Luncurkan Sistem Rudal Domestik Bavar 373
Sistem rudal pertahanan udara buatan Iran Bavar 373 ("percaya" dalam bahasa Farsi) dipamerkan saat upacara di Teheran, Iran, Kamis (22/8/2019). ( Foto: AFP / Kepresidenan Iran )
Natasia Christy Wahyuni / WIR Jumat, 23 Agustus 2019 | 21:39 WIB

Teheran, Beritasatu.com- Presiden Iran Hassan Rouhani meluncurkan sistem baru pertahanan udara, rudal Bavar-373, yang merupakan buatan sendiri.

Peluncuran ini dilakukan di tengah ketegangan yang meningkat dengan Amerika Serikat (AS) karena tahun lalu secara sepihak menarik diri dari kesepakatan nuklir multinasional yang ditandatangani oleh kekuatan dunia dan Iran.

Para pejabat Iran sebelumnya menyebut Bavar, yang artinya “percaya” dalam bahasa Farsi, sebagai sistem pertahanan rudal jarak jauh produksi sendiri. Iran memulai produksinya setelah pembelian sistem S-300 dari Rusia ditangguhkan pada 2010 karena sanksi-sanksi internasional yang melarang negara itu mengimpor banyak senjata.

Dalam proses peluncuran, Rouhani mengatakan sistem mobile permukaan ke udara lebih baik daripada S-300 dan lebih mendekati atau lebih maju dari S-400. Dengan jarak tempuh lebih dari 200 kilometer, kantor berita Iran IRNA menyatakan sistem rudal jarak jauh sesuai dengan geografis negara itu.

Dalam pidato, Rouhani juga menyinggung dengan keras sikap AS, menyebut bahwa pembicaraan tidak berguna terkait kesepakatan nuklir.

“Sekarang karena musuh-musuh kami tidak menerima logika, kami tidak bisa menanggapi dengan logika,” katanya.

Rouhani menambahkan saat musuhnya meluncurkan rudal melawan mereka, maka Iran tidak bisa hanya menyampaikan pidato. “Tuan Roket, tolong jangan tembak negara kami dan rakyat kami yang tidak berdosa. Peluncuran roket, jika Anda bisa tolong tekan tombol dan hancurkan sendiri rudal di udara,” ujar Rouhani menyampaikan sindiran.



Sumber: Suara Pembaruan