Tiongkok Dorong Kerja Sama Trilateral Bersama Korsel dan Jepang

Tiongkok Dorong Kerja Sama Trilateral Bersama Korsel dan Jepang
Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi (tengah) berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha (kiri) di samping Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono (kanan) setelah konferensi pers setelah pertemuan menteri luar negeri trilateral kesembilan di Beijing, Rabu (21/8/2019). ( Foto: AFP / WU HONG )
Unggul Wirawan / WIR Jumat, 23 Agustus 2019 | 19:51 WIB

Beijing, Beritasatu.com- Pada Kamis (22/8), Tiongkok sangat mementingkan kerja sama dengan Korea Selatan (Korsel) dan Jepang dan siap mengupayakan tingkat kerja sama trilateral yang lebih tinggi dengan kedua tetangga itu.

Perdana Menteri Li Keqiang menyatakan hal itu saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korsel Kang Kyung-wha dan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono. Kedua menteri itu menghadiri pertemuan kesembilan menteri luar negeri Tiongkok, Korsel, dan Jepang yang diadakan Rabu (21/8).

Perdana Menteri Li mengatakan Tiongkok, Korsel dan Jepang, yang secara geografis dekat satu sama lain. Ketiga negara memiliki kedekatan budaya, ekonomi yang sangat saling melengkapi dan potensi besar untuk kerja sama.

Di tengah meningkatnya ketidakstabilan dan ketidakpastian ekonomi global dan meningkatnya tekanan terhadap ekonomi dan perdagangan global, kata Li, kerja sama di antara ketiga negara tidak hanya menguntungkan pembangunan mereka sendiri, tetapi juga berfungsi sebagai stabilisator dan mesin ekonomi regional dan global. .

Li berharap ketiga negara untuk menjaga sistem perdagangan multilateral berbasis aturan dengan WTO, dan berupaya mencapai kesepakatan perdagangan bebas tingkat tinggi dan pada awalnya untuk mempromosikan liberalisasi dan fasilitasi perdagangan dan investasi.

Perdana menteri Tiongkok itu juga meminta ketiga negara untuk bersama-sama mempromosikan inovasi teknologi untuk berbagi peluang pembangunan dan pencapaian inovatif, bekerja sama untuk memajukan pembangunan dan kemakmuran untuk mendorong kerja sama Asia Timur, dan bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas regional

Para menteri luar negeri Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan, pada Rabu (21/8), membuat komitmen untuk meredakan ketegangan regional dan membuat kemajuan menuju denuklirisasi Semenanjung Korea, meskipun tidak ada tanda-tanda membaiknya hubungan antara Tokyo dan Seoul.

Negara-negara Asia Timur mengadakan pertemuan tripatrit di Beijing minggu ini, sedangkan Tiongkok memposisikan dirinya sebagai mediator dalam pertikaian perdagangan yang meningkat antara Jepang dan Korea Selatan.

Menlu Tiongkok Wang Yi mengatakan bahwa Beijing "prihatin dengan kesulitan baru-baru ini" antara Tokyo dan Seoul, dan mendesak kedua negara untuk "secara konstruktif menangani perbedaan mereka dan menemukan solusi yang tepat untuk masalah".



Sumber: Suara Pembaruan