Ratusan WNI Demam Panggung Gembira di Yangon

Ratusan WNI Demam Panggung Gembira di Yangon
Warga negara Indonesia (WNI) beserta Duta Besar RI untuk Myanmar, Iza Fadri, mengikuti fun walk dari KBRI Yangon dan berakhir di Indonesia International School Yangon (IISY). ( Foto: istimewa / istimewa )
Elvira Anna Siahaan / IDS Rabu, 28 Agustus 2019 | 15:23 WIB

Yangon, Beritasatu.com - Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-74 menyisakan kegembiraan yang mendalam bagi 100 warga negara Indonesia (WNI) di Myanmar. Pada Minggu (25/8), kelihatan sekali ratusan orang Indonesia semangat mengikuti fun walk dan hiburan di panggung gembira di Yangon.

Dilansir dari siaran pers yang diterima SP, Rabu (28/9), Duta Besar RI untuk Myanmar, Iza Fadri, bersama dengan rekan-rekan Kedubes negara-negara Anggota ASEAN dan Timur Leste, serta sahabat-sahabat Indonesia dari Myanmar, mengikuti kegiatan fun walk. Kegiatan ini sekaligus menjadai rangkaian peringatan HUT ke-74 RI dan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-Myanmar. Fun walk dimulai dari KBRI Yangon dan berakhir di Indonesia International School Yangon (IISY).

“HUT RI dan peringatan hubungan bilateral RI-Myanmar patut dirayakan. Kami merayakan dengan penuh keriaan sekaligus menjaga kebugaran. Saya senang sekali, banyak yang berpartisipasi," kata Dubes Iza Fadri seusai mencapai finish di GOR IISY.

Sementara Duta Besar Kamboja untuk Myanmar, HE Sok Chea menyampaikan, senang dapat bergabung dalam kegiatan yang mendorong semangat berolahraga. Sementara itu, rekan dari Laos, Phet Nang,merasa beruntung bisa ikut serta karena seusai fun walk, dirinya dapat berbelanja baju-baju batik kegemarannya.

Permainan
Tidak hanya olah raga jalan sehat, di GOR IISY dibuat juga panggung gembira, yang menampilkan pertunjukan seni dan budaya, seperti penampilan angklung oleh para siswa IISY, tari Indan dari Sumatera Barat, dan pertunjukan musik oleh keluarga besar KBRI Yangon dan masyarakat serta sahabat Indonesia di Myanmar. Panggung gembira juga menghadirkan bazar makanan dan produk-produk makanan Indonesia yang dijual di Myanmar, termasuk penjualan pakaian batik yang diminati rekan-rekan dari ASEAN.

Digelar pula permainan khas 17-an seperti lomba tarik tambang, makan kerupuk, dan panjat pinang. Panggung Gembira yang dilaksanakan setahun sekali tersebut merupakan bagian upaya mempererat ikatan masyarakat Indonesia serta peningkatan hubungan dan kerja sama Indonesia-Myanmar.

Selain fun walk dan Panggung Gembira, KBRI Yangon telah melaksanakan aksi donor darah bekerja sama dengan National Blood Center Myanmar (4 Agustus 2019), dan upacara pengibaran bendera dalam kesatuan rangkaian kegiatan HUT ke-47 RI.

Mendatang, KRI Bima Suci akan bersandar di Dermaga Thilawa tanggal 5-8 Oktober 2019 dan mengundang masyarakat Myanmar untuk naik ke kapal latih tersebut. KBRI Yango juga akan menggelar Festival Indonesia tanggal 25-26 Oktober, dan Festival Makanan Indonesia tanggal 25-28 Oktober di Yangon.



Sumber: Suara Pembaruan